pulsa-logo

Wah! Masalah Layar Freezing Dikeluhkan Banyak Pengguna Samsung Galaxy Note 8


Nariswari

Rabu, 01 November 2017 • 14:53

Samsung Galaxy Note 8, Galaxy Note 7


Pasca 'diganggu' masalah baterai yang berukung recall dan penghentian semua unit Galaxy Note 7, kini Samsung kembali diterpa isu baru yang tidak kalah serius yang lagi-lagi menimpa seri Note.

Beberapa hari yang lalu dikabarkan bahwa ada banyak unit Samsung Galaxy Note 8 yang dikabarkan mengalami masalah layar “freezing” atau nge-hang/benar-benar membeku saat aplikasi kontak dibuka. Masalah freezing ini pun muncul saat pengguna membuka aplikasi lain seperti 'Messaging' dan 'Phone' dan  menggunakannya untuk melakukan panggilan. Jadi pada dasarnya, Samsung Galaxy Note 8 ini seperti  menolak berfungsi seperti smartphone pada umumnya. Gawat kan? 

Menurut balasan pada sebuah potingan forum Samsung Support yang  berjudul “Samsung Galaxy Note 8 Freezing and Unresponsive”, disebutkan bahwa banyak varian dari Samsung Galaxy Note 8 mengalami masalah ini. Sebagian besar laporan ini terjadi saat pengguna melakukan sesuatu terkait dengan menelepon dan mengirim SMS. Dan hal ini mengindikasikan adanya hubungan masalah ini dengan aplikasi kontak di Samsung Galaxy Note 8.Bahkan dari berbagai aduan pengguna Samsung Galaxy Note 8, ada beberapa masalah serius yang  menyebabkan layar smartphone tersebut tiba-tiba freezing. Tidak hanya melakukan penggilan telepon dan mengirimkan pesan SMS.

Inilah daftar dari berbagai aktivitas yang menyebabkan Samsung Galaxy  Note 8 jadi freezing:

  1. Menggunakan speed dial    
  2. Melakukan panggilan dari daftar panggilan terakhir dan kontak  
  3. Mengetuk (tap)  kontak di aplikasi Phone 4. Mengetuk (tap) kontak di aplikasi Message    
  4. Memuat spreadsheet Excel dari email    
  5. Membuka kontak    
  6. 7. Menggunakan daftar kontak   
  7. Menggunakan Pokémon GO, Chrome, dan aplikasi Google    
  8. Mengetuk (tap) kontak di aplikasi Message dan Kontak   
  9. Melakukan pengisian daya semalaman suntuk    
  10. Membuka aplikasi Phone    
  11. Membuka kontak inpidual di aplikasi Kontak    
  12. Membuka Kontak saat mengirim SMS    
  13. Nge-hang saat melakukan panggilan telepon  

Ini cukup jelas bahwa Samsung Galaxy Note 8 memiliki bug yang cukup serius.  Saat perangkat Galaxy Note 8 ini mengalami freezing,  hanya dua hal yang akan mengembalikannya ke normal, yakni Anda perlu melakukan restart atau melakukan factory setting (yang merupakan mimpi buruk bagi pengguna smartphone).

Beberapa pengguna Samsung Galaxy Note 8 mengatakan bahwa mereka telah mengupayakan untuk membersihkan chace, mencopot pemasangan dan menginstal ulang aplikasi, dan bahkan me-reset ulang perangkat (factory data reset) , namun berbagai langkah tersebut dinilai tidak efektif.


Dan masalah freezing masih kerap terjadi!

Masalah ini terjadi pada banyak varian dari Samsung Galaxy Note 8, di antaranya adalah unit SM-N950U yang tersedia dari keempat operator besar (AT & T, Sprint, T-Mobile, Verizon), serta versi  unlocked yang dijual di pasar Eropa (SM-N950F) dan versi dual-SIM (SM -N950D).

Ada beberapa pihak yang berspekulasi bahwa maslah freezing ini berkaitan dengan aplikasi Google Contact  yang dipasang di perangkat Samsung, namun tidak ada bukti kuat dari masalah ini. Sementara hingga kini, pihak Samsung masih bungkam dan belum memberikan konfirmasi apa penyebab dan belum memberikan solusi konkret untuk menyelesaikan maslah freezing tersebut.

Sumber: Android Police

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42