pulsa-logo

Begini Cara Registrasi Kartu Prabayar via SMS 4444


Hairuddin

Rabu, 01 November 2017 • 21:55

Registrasi, Prabayar, Cara Registrasi, Kartu SIM,


Belum lama ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menginstruksikan kepada pemilik kartu prabayar untuk melakukan registrasi ulang. Tak seperti registrasi kartu prabayar sebelumnya, registrasi ulang ini mewajibkan pemilik nomer ponsel untuk memasukan data Nomer Induk Kependudukan (NIK) dan nomer Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat utamanya.

Registrasi kartu prabayar ini wajib dilakukan oleh pemilik mulai hari ini 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018 mendatang. Kemenkominfo mewajibkan registrasi kartu ulang menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan juga nomor Kartu Keluarga (KK). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menilai registrasi ini memberikan keuntungan bagi konsumen sekaligus upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan terutama pelanggan prabayar sebagai komitmen Pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan kepada konsumen serta untuk kepentingan national single identity.

Sementara untuk dampak dari tidak dilakukannya registrasi sesuai ketentuan ini adalah calon pelanggan tidak bisa mengaktifkan kartu perdana dan pemblokiran nomor pelanggan lama secara bertahap.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, untuk melakukan registrasi data nomor pelanggan ini sangatlah mudah. Berikut PULSA berikan langkah-langkah untuk melakukan registrasi ulang nomor pelanggan. Owh ya, format pengiriman SMS akan sedikit berbeda pada masing-masing operator.

1. Bagi pengguna baru Indosat, Tri, dan Smartfren, Format pengiriman SMS nya sebagai berikut:

(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)#

Untuk pengguna kartu perdana XL Axiata formatnya sebagai berikut:


DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)

Sementara untuk format operator Telkomsel adalah

REG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

2. Registrasi kartu prabayar pengguna lama formatnya sebagai berikut:

ULANG#(16 digit NIK)#(16digit nomer KK)#

Format ini sama untuk semua operator baik Indosat, Telkomsel, XL Axiata, Smartfren dan Tri. Untuk SMS registrasi tersebut dikirim ke nomor 4444.

Selamat Mencoba.