pulsa-logo

Gandeng MediaTek, Meizu Kembangkan Teknologi Pengenalan Wajah


Fauzi

Kamis, 02 November 2017 • 15:43


Tak ingin kalah saing dengan Apple yang sukses memperkenalkan teknologi otentifikasi baru  bernama FaceID dengan memanfaatkan kamea TrueDepth, Meizu kabarnya juga akan mengembangkan fitur pemindai wajah yang mirip dengan yang dikembangkan oleh pembesut iPhone.  

Kepala pemasaran global Meizu, bernama Ard Boudeling mengumumkan sebuah teaser melalui Twitter tentang teknologi apa yang sedang dikerjakan oleh Meizu.

Menurut tweet tersebut, produsen smartphone asal Tiongkok tersebut bekerja sama dengan MediaTek untuk mengembangkan teknologi pengenalan wajah terbaik yang akan dihadirkan di smartphone generasi masa depan. Tidak mengherankan jika kedua perusahaan tersebut telah membentuk kemitraan strategis. Karena bisa dikatakan Meizu adalah rekanan terbaik MediaTek di bisnis smartphone. Adapun Meizu Pro 7 Plus adalah bukti ‘persahabatan manis’ dari Meizu dan MediaTek. Karena smartphone ini adalah satu-satunya ponsel di pasaran yang saat ini didukung oleh prosesor MediaTek Helio X30.

Fitur pengenalan wajah adalah trend baru di industri smartphone, yang diprediksi akan perlahan menggantikan fungsi otentifikasi sidik jari. Fitur pengenalan wajah adalah fitur biometrik alternatif dari pemindaian sidik jari yang diklaim lebih aman, lebih cepat, dan efektif. Tweet ini juga mengatakan bahwa teknologi tersebut akan diperlihatkan kepada publik pada tahun 2018 di smartphone Meizu generasi mendatang. Meskipun tidak disebutkan kuartal dan bulan secara pasti, namun diperkirakan teknologi pemindaian wajah garapan Meizu-MediaTek tersebut akan muncul di perangkat andalan Meizu yang akan dirilis tahun depan yakni Meizu Pro 8.

Jika kita bicara revolusi desain dan inovasi, Meizu sebenarnya  telah membuat langkah besar tahun ini. Masih lekat di ingatan kita, smartphone andalan Meizu yang belum lama ini dirilis yakni  Meizu Pro 7 dan Pro 7 Plus  yang menampilkan dual display dalam desain unik. Desain tersebut  tergolong masih sangat baru,  dan saat dua smartphone itu dirilis belum pernah kita lihat di industri smartphone sebelumnya. 

Sebagai catatan, Apple sudah memulai debutnya dengan teknologi pengenalan wajah FaceID dengan memanfaatkan kamera True Depth yang dibenamkan di iPhone X . Diprediksi fitur pengenalan wajah ini akan makin banyak diadopsi di lebih banyak produsen smartphone di tahun depan.

Sumber: GizmoChina