Atrk
ads skin gagal

Akuisisi Bisnis PC Fujitsu, Lenovo Habiskan Dana Lebih dari 2 Triliun Rupiah

  • Friday, 03 November 2017 10:34
  • Published in News

Foto: GizChinaFoto: GizChina

Lenovo telah membukukan kenaikan pendapatan kuartalan terbesar sejak tahun 2015. Produsen PC asal Tiongkok tersebut bahkan baru-baru ini mengungkapkan bahwa pihaknya telah membeli 51 persen saham bisnis PC milik perusahaan negeri sakura, Fujitsu.  Sekitar dua tahun yang lalu, Fujitsu telah memisahkan (spin off) divisi usaha laptop dan desktopnya dalam upayanya untuk menutup unit usahanya yang tidak lagi menghasilkan keuntungan. Kemarin, Lenovo secara resmi telah mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menguasai lebih dari separuh bisnis PC Fujitsu dengan nilai pembelian $ 157 juta secara tunai atau senilai lebih dari 2 triliun Rupiah. Selain itu, suntikan dana tambahan antara $ 22 juta hingga $ 112 juta juga akan mereka gelontorkan hingga tahun 2020 yang nilainya ditentukan oleh pertumbuhan kinerja divisi bisnis PC perusahaan Jepang tersebut.

Lenovo sepertinya melihat membeli 51 persen saham sebagai peluang untuk mengembangkan divisi PC miliknya. Menurut Bloomberg, Chief Executive Lenovo Yang Yuanqing memanfaatkan dana yang berasal dari bisnis Mobile perusahaan guna melakukan pembelian saham tersebut. Hal ini agak aneh mengingat bisnis ponsel perusahaan tersebut selama ini kurang menunjukkan perkembangan yang menggembirakan meski pada tahun 2014 lalu mereka telah berhasil mengakuisisi Motorola dari Google. Raksasa teknologi Tiongkok tersebut selama ini memang lebih dikenal dengan bisnis komputernya ketimbang bisnis ponselnya. Kendati pengiriman PC telah tumbuh sebesar 17 persen dari kuartal terakhir, pasar bisnis PC memang masih terus berupaya bertahan di tengah-tengah era kejayaan bisnis smartphone masa kini.

Awal tahun ini, HP bahkan berhasil menyalip posisi Lenovo sebagai produsen PC terbesar di dunia berkat kinerja penjualannya yang sangat baik di Amerika Utara. Lalu akankah pembelian bisnis PC milik Fujitsu ini dapat berdampak positif kepada kinerja Lenovo dalam upayanya merebut kembali posisinya sebagai perusahaan pembuat PC terbesar di dunia? (Galing)

Sumber: 1, 2

Rate this item
(0 votes)