Atrk
ads skin gagal

Razer Phone Resmi Dirilis, Ponsel Gaming dengan Refresh Rate Layar 120Hz

  • Sunday, 05 November 2017 14:43
  • Published in News

Foto: Razerzone.comFoto: Razerzone.com

Apa jadinya saat produsen laptop gaming memutuskan untuk merilis sebuah smartphone? Tentu saja ponsel yang mereka garap akan dijejali dengan beragam fitur yang memanjakan para gamer. Inilah sejatinya yang saat ini tengah dilakukan oleh Razer. Perusahaan pembuat laptop gaming yang pada bulan Februari lalu berhasil mengakuisisi produsen smartphone bernama Nextbit, Inc ini akhirnya secara resmi memperkenalkan smartphone pertamanya yang mereka beri nama Razer Phone.

Razer Phone bukan sekadar perangkat gaming biasa, ia adalah ponsel pintar yang menekankan pada siapa saja yang suka mengkonsumsi hiburan di ponsel, entah itu game, film, musik, atau penjelajahan web biasa. Dengan spesifikasi andalan dan fitur istimewa termasuk layar dengan refresh rate 120 Hz, Razer Phone tampil menonjol diantara smartphone flagship lainnya. Lebih menariknya lagi, ponsel ini bahkan tidak dijual dengan harga yang terlalu mahal.

Foto: Razerzone.comFoto: Razerzone.com

Display dengan refresh rate 120 Hz secara bertahap kini mulai memasuki ranah perangkat mobile. Layar berteknologi canggih ini menjanjikan pengalaman yang lebih mulus dari sebelumnya. Fitur ini diterima dengan baik di iPad Pro 10.5, dan Sharp baru-baru ini juga telah mengumumkan sebuah smartphone dengan refresh rate sama bernama Aquos R Compact yang saat ini hanya dijual secara ekslusif di negeri sakura tersebut. Ponsel merek Sharp sayangnya baru akan dipasarkan mulai bulan Desember mendatang sehingga hampir semua perhatian para pengamat tentu akan lebih fokus pada Razer Phone.

Jadi apa refresh rate 120 Hz? Ini adalah fitur pada layar yang memungkinkan sajian animasi yang lebih halus, asalkan semua syarat mulai dari komponen perangkat keras, driver serta aplikasi lain yang mendukungnya dipenuhi. Ada beberapa perdebatan seputar manfaat sebenarnya dari tingkat refresh rate yang tinggi yang mana pada ponsel lain nilainya biasanya dibatasi hanya pada angka 60 Hz.

Razer Phone menggunakan teknologi yang disebut UltraMotion untuk menyinkronkan refresh rate tampilan dengan frame yang diberikan oleh GPU mobile, mirip dengan fitur Gsync Nvidia untuk PC desktop. Layarnya sendiri adalah panel LCD IGZO 5,72 inci dengan resolusi Quad HD (dalam format 16: 9) yang menawarkan Wide Color Gamut.

Foto: Razerzone.comFoto: Razerzone.com

Razer menghindari tren desain "bezel-less" yang telah jadi pakem umum industri seluler. Sebaliknya produsen laptop gaming tersebut memutuskan untuk membenamkan speaker stereo berkualitas tinggi serta amplifier ganda yang siap memanjakan telinga para penggunanya. Teknologi Dolby Atmos dipilih oleh sang vendor untuk kualitas semburan volume audio yang jernih maksimal dari kedua speaker miliknya. Klaim "audio sinematik sejati" dari ponsel ini meski masih dapat diperdebatkan secara teori atau bukti di lapangan, namun ia setidaknya sudah cukup menarik banyak minat para gamer untuk meminangnya.

Foto: Razerzone.comFoto: Razerzone.com

Sayangnya ponsel ini tidak membawa jack audio meski dalam paket penjualannya sudah disertakan adaptor audio Tipe-C USB bersertifikasi THX dan DAC 24 bit yang diharapkan dapat mengatasi sedikit ketidaknyamanan dan kekecewaan yang dirasakan oleh penggunanya.

Seperti yang Anda harapkan dari smartphone yang dikembangkan oleh Razer, perangkat ini memiliki lembar spesifikasi yang benar-benar mengesankan. Ponsel ini didukung oleh prosesor Snapdragon 835 dengan Adreno 540 GPU, bersama dengan 8GB RAM LPDRR4, dan penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD. Razer bahkan menegaskan bahwa pengguna bahkan akan dapat melakukan overclock prosesornya.

Foto: Razerzone.comFoto: Razerzone.com

Ponsel ini menggunakan baterai dengan tenaga daya sebesar 4.000mAh yang merupakan smartphone pertama dengan teknologi pengisian daya cepat Qualcomm Quick Charge 4.0+ dan charger 24 watt. Ponsel pintar ini juga dilengkapi pula dengan pipa penyalur panas internal yang akan membantu menjaga suhu perangkat tetap dingin meski harus digunakan untuk bermain game berat.

Razer Phone hadir dengan dua kamera 12 MP di bagian belakang, satu lebar dan satu tele yang menyerupai smartphone flagship lainnya di pasaran. Lensa sudut lebar memiliki aperture f / 1.75, sedangkan lensa tele menawarkan diafragma f / 2.6. Kedua kamera miliknya juga langsung dijejali dengan fitur Phase Detection Autofocus.

Razer Phone menjalankan sistem operasi Android 7.1 yang menurut sang produsen akan mendapatkan update Oreo pada musim semi tahun depan. Tidak seperti pabrikan ponsel baru lainnya, Razer melakukan beberapa kustomisasi guna mendapatkan manfaat optimal dari perangkat keras yang dibenamkannya termasuk di antaranya untuk mengubah refresh rate dan resolusi layarnya.

Foto: Razerzone.comFoto: Razerzone.com

Smartphone ini bahkan juga sudah langsung membawa versi premium Nova Launcher yang sekaligus akan menjadi launcher standar bagi sang perangkat. Aplikasi yang disebut Game Booster juga akan disertakan yang akan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan frame rate, resolusi, dan kecepatan clock prosesor berdasarkan kebutuhan masing-masing aplikasi.

Razer juga berencana meluncurkan toko tema baru yang mengusung lebih banyak kustomisasi daripada tema lain yang sudah ada di pasaran. Setelah diluncurkan, tema anyar tersebut akan memungkinkan para desainer untuk melakukan kustomisasi dialer, ikon, pengaturan cepat, wallpaper, nada dering, pengaturan pemberitahuan, kalkulator, jam, paket ikon dan semua aplikasi non-Google yang telah dimuat sebelumnya. Toko tema juga dapat menerapkan tema pada Launcher Nova untuk pengalaman yang sepenuhnya dapat disesuaikan dengan selera setiap pengguna.

Foto: Razerzone.comFoto: Razerzone.com

Beberapa pengembang game besar juga turut bekerja sama dengan Razer untuk memastikan game besutan mereka sepenuhnya kompatibel dengan perangkat keras Razer Phone. Contoh game yang saat ini sudah dapat berjalan optimal pada Razer Phone termasuk diantaranya ialah Final Fantasy XV Pocket Edition, Lineage 2: Revolution, Runescape, Shadowgun Legends, Tekken, dan World of Tank Blitz.

Razer Phone diumumkan pekan lalu di Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Razer telah bermitra dengan Three sebagai operator seluler di Inggris, Irlandia, Denmark, dan Swedia. Razer juga akan menawarkan ponsel ini melalui Razerzone.com di Amerika Utara, Kanada, Inggris, Irlandia, Jerman, Prancis, Denmark, dan Swedia.

Sang vendor juga berencana untuk menawarkan ponselnya melalui beberapa Microsoft Store di lokasi terpilih di seantero Amerika Serikat dan juga lewat Amazon.com. Pre-order untuk Razer Phone tersedia sekarang seharga $ 699,99 di Amerika Utara dan Kanada, € 749,99 di negara-negara Eropa dan £ 699,99 di Inggris. Ringkasnya ponsel ini akan dijual dengan harga paling murah di Amerika Serikat dengan label sekitar Rp. 9,5 jutaan. Sementara untuk pasar lain seperti Eropa mendapat label resmi Rp. 11,7 jutaan dan untuk wilayah Inggris akan mendapat jatah harga paling mahal sekitar Rp. 12,3 jutaan. Handset ini secara resmi akan memasuki pasar mulai tanggal 17 November mendatang. (Galing)

Sumber: 1, 2

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Sunday, 05 November 2017 15:51
  • font size