Atrk
ads skin gagal

Muncul di GFXBench, Ini Dia Spesifikasi OnePlus 5T

  • Sunday, 05 November 2017 17:10
  • Published in News

Foto: Weibo via GizmoChinaFoto: Weibo via GizmoChina

OnePlus baru-baru ini telah mengkonfirmasi kedatangan OnePlus 5T sebagai perangkat anyar perusahaan tersebut yang akan hadir dalam waktu tidak terlalu lama. Sebuah postingan blog mengungkap alasan perusahaan tersebut mempertahankan keberadaan jack audio 3.5mm pada OnePlus 5T. Konfirmasi lain keberadaan perangkat tersebut juga muncul di Weibo. Situs micro-blogging Tiongkok tersebut diketahui memperlihatkan jenis perangkat apa yang dipakai saat pengguna mem-posting sesuatu. Tepat pada hari Kamis lalu (03/11) Co-founder OnePlus, Pete Lau, tampak membuat postingan berbunyi “faster” di Weibo yang sekaligus menegaskan bahwa ia saat ini sedang menggunakan OnePlus 5T.

Pada hari Sabtu kemarin (04/11), perangkat anyar dari OnePlus ini kembali menampakkan dirinya di situs GFXBench yang berisikan sejumlah rincian spesifikasi ponsel yang segera hadir menyapa para penggemarnya tersebut. Daftar spesifikasi tersebut ketika coba dikonfirmasi nyatanya tidak terdapat di situs resmi milik GFXBench. Sayangnya tidak diketahui apakah daftar tersebut memang benar ada sebelum akhirnya dihapus oleh GFXBench.

Dalam daftar tersebut, OnePlus 5T dikatakan akan menjalankan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dan bukan Android 8.0. Hal ini sebetulnya cukup mengecewakan, meski ini merupakan hal yang sudah diprediksi sebelumnya. Skenario yang sama sebetulnya telah ditemukan pada OnePlus 3T yang pada tahun lalu meluncur duluan dengan Android Marshmallow meski waktu itu Android Nougat sudah dirilis secara resmi. Beberapa minggu kemudian, OnePlus 3T baru mendapatkan upgrade ke Nougat. Adapun update Oreo dijadwalkan akan jadi update terakhir bagi 3T. Hal ini sesuai dengan aturan tidak tertulis yang menyatakan bahwa dukungan update untuk semua perangkat OnePlus hanya akan didapatkan hingga maksimal dua kali upgrade besar.

Foto: GizmoChinaFoto: GizmoChina

OnePlus 5T sendiri kabarnya akan membawa layar 6.01 inci dengan resolusi 2160 x 1080 yang memiliki rasio aspek 18: 9. Prosesornya menggunakan Qualcomm Snapdragon 835 yang ditandem oleh GPU Adreno 540 seperti yang terdapat pada OnePlus 5.

Soal RAM dan ROM yang dibenamkan, pengguna dapat memilih model RAM 6GB dengan ROM 64GB atau model RAM 8GB yang akan hadir dengan penyimpanan lebih besar berkapasitas 128GB. Kamera belakangnya memiliki sensor 16 megapiksel yang diperkirakan akan hadir dalam konfigurasi ganda sebagaimana yang dapat Anda temui pada kebanyakan ponsel flagship yang beredar saat ini. Kamera depannya juga akan ditingkatkan jadi 20MP dari semula hanya berukuran 16MP.

Sayangnya dalam daftar tersebut tidak tercantum soal kapasitas baterai yang akan digunakan. Pete Lau juga menegaskan melalui Weibo bahwa pengisian daya nirkabel pada OnePlus bukanlah sesuatu yang akan segera ditemui pada perangkat yang akan mereka buat kedepannya.

Menurutnya, selama pengisian daya kabel masih terus digunakan maka tidak ada alasan bagi OnePlus untuk membawa wireless charging pada perangkat buatannya. Apapun yang Anda gunakan, perangkat Anda tetap berada di satu tempat saat mengisi daya. Dia juga menambahkan bahwa kumparan pengisian daya nirkabel membuat bodi ponsel jadi lebih tebal dan ini bukanlah hal yang mereka harapkan terjadi.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada tanggal rilis resmi dari OnePlus 5T yang diungkapkan langsung oleh perusahaan yang bermarkas di Tiongkok tersebut. Namun demikian narasumber yang ada menyatakan tanggal 16 November sebagai jadwal yang mungkin akan dipilih oleh sang vendor. Singkat kata, perangkat ini setidaknya akan tiba sebelum akhir bulan November ini. (Galing)

Sumber: Techiestate via Weibo via GizmoChina

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Sunday, 05 November 2017 23:44
  • font size