Atrk
ads skin gagal

Sstt... Google Assistant Bisa Bantu Identifikasi Lagu Lho

  • Tary
  • Tuesday, 07 November 2017 17:02
  • Published in News

Foto: AndroidHeadlinesFoto: AndroidHeadlines

Kemampuan dukungan asistan digital nampaknya sudah digunakan sebagai salah satu cara praktis guna mempermudah penggunanya mengetahui beragam informasi penting. Saat ini produsen smartphone telah berupaya melakukan hal tersebut, salah satunya adalah Google Assistant yang kini semakin memperluas fitur asisten pintarnya dengan menambahkan kemampuan identifikasi lagu yang sedang diputar.

Fitur ini diketahui telah aktif pada perangkat Google Pixel dan Pixel XL generasi pertama dan kedua. Selain itu, dukungan fitur baru tersebut juga terlihat telah menyambangi sejumlah ponsel non-Pixel seperti Essential Phone.

Cara kerja fitur identifikasi lagu tersebut sejatinya cukup sederhana. Ketika sebuah lagu diputar di latar belakang, pengguna hanya perlu bertanya pada Google Assistant "Lagu apa ini?" Klik saran untuk memberikan perintah kepada Assistant untuk mulai mendengarkan serta mengindentifikasi lagu yang tengah mengalun. Sesudah itu, Anda dapat melihat judul lagu, artis, dan info seputar lagu tersebut termasuk tempat Anda dapat membeli atau mendengarkannya via streaming. Pengguna juga bisa memanfaatkan perintah suara untuk memulai fitur identifikasi musik, seperti "OK Google, lagu apa ini?"

Khusus untuk perangkat Pixel 2 dan 2 XL, ponsel ini tidak memerlukan Google Assistant untuk memanfaatkan fungsi semacam ini. Keduanya sudah dilengkapi dengan dukungan fitur 'Now Playing' guna  mendapatkan informasi serupa.  Fitur ini bekerja di latar belakang dan hanya menampilkan nama lagu dan informasi artis kepada pengguna. Salah satu nilai jualnya adalah fitur ini bekerja di latar belakang dan menunjukkan detail trek di layar kunci saat perangkat tidak aktif digunakan.

Namun, sayangnya pengguna pixel 2 dan pixel 2XL harus melakukan langkah manual Untuk mengaktifkan Now Playing. Caranya dengan masuk ke menu settings-> Sound-> Advanced-> Now Playing. Pastikan Anda menggeser tombol di sebelah “Show on lock screen” guna memastikan fitur tersebut selalu aktif dan berjalan di latar belakang. (Tary/Galing)

Sumber: 1, 2

Rate this item
(0 votes)