pulsa-logo

Sembilan Perubahan Penting di MIUI 9


PULSA

Selasa, 07 November 2017 • 19:41

Xiaomi,MIUI,MIUI 9,cara upgrade MIUI 9,fitur MIUI 9,download MIUI 9


image: Ndtvimage: Ndtv

Setelah berbulan-bulan melakukan pengujian beta, versi global MIUI 9 akhirnya resmi digulirkan. Xiaomi juga telah mengulas fitur baru yang ada di MIUI 9 pada sebuah acara di India awal bulan ini. Raksasa teknologi asal Cina itu menyatakan bahwa versi stabil MIUI 9 akan diluncurkan lebih dulu untuk Redmi Note 4, Mi Mix 2-mixer, dan Mi Max 2. Secara total, Update MIUI 9 akan menyambangi 32 ponsel Xiaomi, dan akan menjangkau hingga Mi 2 keluaran 2012.

MIUI 9 hadir dengan banyak fitur baru, dan sementara beberapa fitur seperti pencarian foto cerdas, hanya ada untuk versi ROM Cina. Meski begitu, banyak fitur menarik juga untuk versi global. Salah satu yang disorot oleh Xiaomi adalah soal kinerja, yang menjadikan MIUI 9 mendekati Android murni dalam hal peluncuran aplikasi.

Ini dia beberapa perubahan penting di MIUI 9 seperti dilansir dari Android Central;

Panel pemberitahuan MIUI 9

simage: AndroidCentralsimage: AndroidCentral

Salah satu perubahan terbesar pada MIUI 9 adalah panel notifikasi, yang sekarang mendukung bundle notifikasi dan balas cepat. Meskipun MIUI 9 memiliki lebih dari 280 juta pengguna di seluruh dunia, sebagian besar berlokasi di Cina, dimana kasus penggunaannyaberbeda. Misalnya, WeChat tidak menimati ciri kash Nougat yakni balasan cepat atau bundle notifikasi.


Tapi untuk versi MIUI global, panel notifikasinya dibuat berbeda, sehingga punya kemampuan untuk membalas pesan langsung dari notifikasi bayangan disambut baik.

Editor gambar baru

Xiaomi terus menambahkan fitur baru ke aplikasinya, dan MIUI 9 memperkenalkan editor foto baru dengan kemampuan menghapus latar belakang. Fitur ini memungkinkan Anda dengan mudah menghapus elemen latar belakang dari sebuah gambar,.

Fitur ini bisa diakses melalui tombol Edit di Galeri. Untuk menghapus elemen latar belakang dari hasil jepretan kamera, Anda bisa memilih area dengan jari, dan tekan tombol Erase. Pembaruan akan diluncurkan dalam versi stabil MIUI 9. Ada juga tambahan fitur Beautify, yang secara otomatis menambahkan efek ke foto Anda.

Optimalisasi dengan loading time 2x lebih cepat

image: AndroidCentral

Xiaomi menerapkan beberapa perbaikan terkait kinerjadengan meningkatkan loading time aplikasi pada MIUI 9, yang mencakup pengelolaan memori latar belakang yang lebih baik, alokasi sumber daya yang dinamis, dan lainnya. Hasilnya adalah MIUI 9 terasa jauh lebih cepat dari versi sebelumnya, dan dalam tes latensi, Xiaomi menjadikan antarmuka pengguna lebih dekat dengan Android murni ketika memuat aplikasi.Xiaomi juga meluncurkan perbaikan KRACK WPA2 ke semua perangkatnya dengan versi stabil MIUI 9.

Aplikasi Video Mi Baru

Xiaomi memperkenalkan aplikasi Mi Video baru diMIUI 9. Aplikasi ini secara otomatis akan mengelompokkan video dari acara TV yang sama dalam satu folder, memungkinkan Anda memuat sub judul multibahasa, dan memiliki dukungan ekstensif untuk format file: AVI, MP4, MOV, MKV, MPG , FLV, RM, TS, ASF, dan 3GP.

Anda juga memilikiopsi untuk menyembunyikan video di folder pribadi, mengambil tangkapan layar, menyesuaikan ukuran teks subtitel, dan menggunakan isyarat untuk mencari maju / mundur dalam video.

Mi Drop menjadi lebih baik

Mi Drop adalah utilitas transfer file Xiaomi, dan dengan MIUI 9, aplikasi tersebut ditarikkeluar dari folder Utilityke tempatnya sendiri di layar depan. Aplikasi ini juga memiliki logo baru, dan tersedia untuk semua perangkat Android,  Xiaomi dan sebaliknya.

Dengan Mi Drop, Anda dapat mentransfer file dari jenis apa pun, dan ada juga punya opsi untuk melanjutkan transfer yang terputus. Antarmuka yang uga dibuat lebih sederhana, sekarang cuma terihat tombol untuk Kirim atau Terima, sehingga - memungkinkan Anda untuk mentransfer file dengan mudah.

Layar split

Xiaomi menambahkan fitur layar split ke Mi Max 2 awal tahun ini, dan fitur ini menjadi standar di MIUI 9. Anda akan bisa meluncurkan mode layar terpisah dengan memilih tombol di panel multitasking, dan Anda dapat dengan mudah mengatur ukuran jendela.

Pintasan aplikasi

Di MIUI 9, Xiaomi mengenalkanjalan pintas aplikasi melalui panel yang bergaya Google Now pada sisi layar paling kiri. Anda akan melihat pintasan yang mewakili aplikasi yang sering digunakan, bersamaandengan aplikasi note, kalender, dan banyak lagi.

Tema eksklusif dan paket stiker

image: AndroidCentralimage: AndroidCentral

Tema adalah bagian terbesar di MIUI, nah di MIUI 9 ini Xiaomi meluncurkan tema Limitless baru. Tema akan tersedia sebagai default saat Anda mengaktifkan ponsel yang menjalankan MIUI 9, dan akan ada pilihan tema lainnya dari toko tema.

MIUI 9 juga dibekali dengan paket stiker. Anda mendapatkan 12 set stiker di aplikasi Galeri, dengan empat paket terbatas untuk pasar India. Xiaomi juga menambahkan animasi ikon untuk 21 aplikasi. Sebagian besar stok aplikasi bergaya animasi, dan beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer seperti Facebook, Instagram, dan UC Browser juga akan mendapatkan ikon animasi.

Kalender dengan kartu untuk liburan

Kalender terbaru di MIUI 9 hadir dengan kartu yang memungkinkan Anda melihat festival dan liburan mendatang. Anda dapat berlangganan jadwal sepak bola, mendapatkan update berita, tanggal untuk pertandingan sepak bola mendatang dan lain sebagainya.(*)

Sumber: AndroidCentral