pulsa-logo

Pinang Qualcomm, Broadcom Siapkan Mahar Rp. 1.755 Triliun


Galing

Selasa, 07 November 2017 • 20:00

Qualcomm Diakuisisi, Broadcom Akuisisi Qualcomm, Qualcomm Dijual, Broadcom Beli Qualcomm, Qualcomm, Qualcomm Snapdragon, Chipset Qualcomm


Foto: AndroidAuthorityFoto: AndroidAuthority

Broadcom akhirnya mengajukan penawaran resmi kepada Qualcomm untuk meminang perusahaan tersebut. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan pembuat chip Wi-Fi ini bahkan berani siapkan mahar senilai USD 130 miliar atau sebesar kurang lebih Rp. 1.755 triliun.

Mahar dengan nilai fantastis tersebut akan diwujudkan melalui pembelian per lembar saham sebesar 70 USD yang terdiri dari 60 USD berupa uang tunai dan sisanya berupa saham. Broadcom bahkan juga berjanji akan melunasi utang Qualcomm hingga senilai 25 miliar USD. Ringkasnya tawaran yang diberikan besarannya lebih tinggi 28% dari nilai saham sang produsen chipset Snapdragon tersebut.

Jika mahar yang mereka tawarkan tersebut diterima, kesepakatan ini akan jadi akuisisi dengan nilai transaksi paling besar di dunia teknologi. Jika pembelian ini berhasil, Broadcom tentu saja akan jadi pembuat chip terbesar ketiga di dunia. Adapun posisi pertama ditempati oleh Intel yang kemudian disusul oleh Samsung.

Sayangnya menurut informasi dari Bloomberg dan narasumber lainnya, Qualcomm tampaknya tidak terlalu mengganggap serius tawaran akuisisi tersebut. Laporan yang ada bahkan menyatakan bahwa perusahaan tersebut boleh jadi akan menyarankan pemegang sahamnya untuk menolak tawaran pembelian tersebut dengan alasan soal adanya kemungkinan penolakan dari regulator yang sejatinya malah berpotensi mengurangi potensi kenaikan nilai saham.

Sikap kehatian-hatian ini memang wajar diambil oleh Qualcomm karena aksi akuisisi dengan nilai transaksi sebesar ini biasanya memang mengharuskan adanya persetujuan dari regulator. Apalagi dengan skala bisnis kedua perusahaan yang sudah pada ranah global, sehingga kesepakatan akuisisi ini tentu akan mengharuskan adanya penyelidikan dari regulator baik di Amerika Serikat, Eropa bahkan hingga negara-negara di benua Asia. (Galing)

Sumber: 1, 2