pulsa-logo

Hands-on: Menjajal Xiaomi Redmi Note 5A


Fauzi

Rabu, 08 November 2017 • 12:08

Xiaomi Redmi Note 5A,Review


Pasca merilis Mi A1 smartphone Android One pertamanya, Xiaomi kembali ke jalur persaingan dengan mengeluarkan Redmi Note 5A di Indonesia. Dilihat dari harganya yang Cuma Rp1,5 juta, Redmi Note 5A siap menjadi penantang serius di segmen entry level. Jadi, apa saja yang ditawarkan Xiaomi lewat Redmi Note 5A, simak saja uraian berikut.

Desain

Dari sisi racikan bodi, tidak ada perubahan berarti dari sosok Redmi Note 5A bila dibanding dengan jajaran seri Redmi sebelumnya. Di sini kita temui sebuah smartphone dengan panel layar mendominasi bagian depan berdiagonal 5.5 inci yang tampil dengan rasio standar 16:9.

Dari sisi fisik Redmi Note 5A diracik dengan pola lekukan yang halus, yang membuatnya tampil cukup ergonomis. Secara keseluruhan Xiaomi Redmi Note 5A memiliki bodi dengan dimensi 153.00 x 76.20 x 7.50 mm dan berat 150 gram. Dengan dimensinya yang tidak terlalu bongsor, smartphone masih terasa nyaman ketika digenggam. Sementara bingkai logam yang mengitari area sisi perangkat menjadikan smartphone ini begitu solid ketika dipegang.

Ada sejumlah komponen yang bisa kita temui di area luar smartphone. Umpamanya, di area depan, selain ada panel layar yang mendominasi area ini, terdapat sensor kamera depan, lubang speaker (receiver), dan sensor proximity di bagian atas. Adapun di bagian bawah layar terdapat tiga tombol kapasitif yang merupakan alat navigasi untuk akses ke multitasking, home, dan back.

Beralih ke bagian ruas sisi, di sebelah kanan kita akan menemui adanya dua tombol yang masing-masing adalah sebagai tombol power dan tombol volume. Sementara di ruas kiri, di sini terdapat slot kartu SIM beserta slot kartu microSD. Ada tiga slot kartu yang disediakan dua untuk kartu SIM 1 dan 2, sementara satu lagi adalah slot kartu microSD.



Di ruas bagian bawah dan atas, masing-masing bertengger port microUSB dan lubang speaker rocker di ruas bawah, serta lubang jack audio 3.5 mm dan sensor infrared di bagian atas. Adapun di belakang, sudah pasti di sini terdapat sensor kamera utama dan LED flash-nya.