Atrk
ads skin gagal

Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy Note FE

  • Wednesday, 08 November 2017 20:40
  • Published in News

Samsung Galaxy Note FE (Galing/PULSA)Samsung Galaxy Note FE (Galing/PULSA)

Setelah cukup lama beredar dipasar global, phablet Galaxy Note 7 yang dikemas ulang dengan nama baru Note FE kini mulai menghiasi pasar tanah air. Mulai awal bulan November, perangkat ini sudah dapat konsumen beli dengan harga resmi Rp. 8.499.000. Meluncur tahun lalu, perangkat ini memang sempat ditarik dari peredaran karena adanya masalah baterai yang berdampak pada tercorengnya citra perusahaan yang berbasis di Korea Selatan tersebut.

Tidak mau menyerah dengan situasi tersebut, perangkat inipun kembali masuk pabrik untuk kemudian dipermak baterainya. Hasilnya, keluarlah Galaxy Note Fan Edition yang hadir dengan kapasitas baterai yang lebih kecil. Baterai sebesar 3.500mAh yang bermasalah kemudian diganti dengan baterai lain dengan ukuran daya 3.200mAh. Selain itu, ponsel pintar terbaru Samsung tersebut kini juga langsung mengusung sistem operasi Android Nougat. Dengan daftar spesifikasi yang nyaris tidak berubah, kira-kira kesan pertama apa yang PULSA dapat ketika pertama kali menggunakan perangkat ini? Yuk ikuti uraian singkatnya dalam tulisan berikut.

Paket Penjualan

Paket Penjualan (Galing/PULSA)Paket Penjualan (Galing/PULSA)

Dalam paket penjualannya, Samsung menyertakan cover tambahan dari bahan plastik berwarna biru yang berguna untuk melindungi bodi perangkat ini dari goresan. Selain itu, Anda akan menemui kabel USB Type-C dan Adaptive Fast Charger 15W. Menariknya, Anda juga mendapatkan dua adapter sekaligus yakni USB OTG dan adapter USB Type-C to MicroUSB. Kedua adapter tersebut memang terkesan tidak lazim, namun begitu keberadaan USB Type-C pada masa itu memang masih sangat jarang.

Anda juga akan menemui semacam penjepit yang merupakan alat untuk mengganti ujung dari S-Pen.  Sedangkan dua aksesori lainnya yakni earset dan SIM ejector tentu merupakan peralatan standar yang sudah biasa disertakan pada sebuah smartphone Android. Terakhir tentu saja adalah buku petunjuk singkat penggunaan dan keterangan jaminan.

Desain dan Display

Tampak Depan (Galing/PULSA)Tampak Depan (Galing/PULSA)

Sebagai perangkat refurbished yang meluncur sekitar setahun yang lalu, Note FE memang masih membawa desain khas smartphone jadul dengan bezel tebal di bagian bawah dan atas. Selain bezel, ia juga mengusung layar dengan aspek rasio 16:9 yang saat itu terbilang masih sangat populer. Meski sudah dianggap ketinggalan jaman oleh sebagian orang, namun adanya tombol fisik home di bawah layarnya membuat pengoperasiannya jadi lebih mudah.

Tampak Belakang (Galing/PULSA)Tampak Belakang (Galing/PULSA)

Secara desain, perangkat ini masih cukup layak untuk Anda miliki dengan body yang compact, slim dan elegan. Kesan kokoh dari perangkat ini juga masih dapat Anda rasakan. Adanya sertifikat IP68 yang menyertainya juga membuat pengguna merasa lebih tenang ketika mereka harus membawa perangkat ini meski di tengah hujan yang turun dengan begitu derasnya.

Area depan miliknya yang tidak melulu berisikan layar tentu membuat daya genggam sang perangkat jadi lebih baik bila dibandingkan Galaxy Note8 atau bahkan Galaxy S8 yang membawa Infinity Display. Dukungan konten yang dibuat menggunakan aspek rasio baru 18,5:9 yang masih sangat jarang juga menjadikan tampilan dari Note FE ini terasa lebih pas dan nyaman di mata. Anda tidak akan melihat adanya blok hitam pada samping kiri dan kanan layar selagi menikmati tayangan video. Tidak ada pula rekayasa software yang membuat video yang ditampilkan tampak memanjang atau stretching yang tentu saja terasa begitu menganggu.

Edge Screen (Galing/PULSA)Edge Screen (Galing/PULSA)

Fitur layar tepi melengkung atau edge screen yang ada pada perangkat ini juga masih terus hadirkan segudang kelebihan yang tidak jauh berbeda dari perangkat anyar Samsung lainnya yang ada di pasaran. Pengguna dapat mengakses ragam aplikasi yang kerap digunakan dengan menempatkan pintasan yang sesuai di Edge Screen. Tidak hanya itu, pengguna dapat pula menambahkan kontak favorit yang sering mereka hubungi. Ketika layar dalam kondisi mati, fitur Edge Lighting yang dibenamkan siap memastikan pengguna untuk terus menerima notifikasi masuk cukup dengan isyarat cahaya yang berkelip pada Edge Screen.

S-Pen

S-Note (Galing/PULSA)S-Note (Galing/PULSA)

Bicara galaxy Note tentu tidak akan lengkap rasanya jika tidak membahas S-Pen. Stylus yang selalu jadi andalan bagi pengguna untuk membuat catatan teks atau gambar ini sekarang tampil lebih akurat dengan dukungan level tekanan yang semakin banyak. Ujungnya yang kian runcing kini juga makin memudahkan pengguna jika ingin membuat catatan dengan pena digital sang perangkat tersebut.

Salah satu fitur yang paling kerap digarisbawahi pada perangkat ini adalah kemampuan tulis S-Pen di bawah air yang terbilang mengesankan. Dengan kondisi layar yang basah, pengguna tetap dapat berkreasi saat inspirasi menghampiri Anda meski saat dalam momen-momen yang tidak terduga sekalipun. Contohnya saat Anda tengah mandi atau sedang berada di kolam renang, cukup tarik S-Pen dari tempatnya lalu mulai melukis saat itu juga meski layar sebelumnya dalam posisi terkunci.

OS dan Benchmark

OS (Galing/PULSA)OS (Galing/PULSA)

Folder Aman (Galing/PULSA)Folder Aman (Galing/PULSA)

Tidak lengkap rasanya jika sebuah perangkat hebat tidak ditopang dengan dukungan software yang juga sempurna. Berbeda dengan Galaxy Note7, ponsel rekondisi resmi pabrikan ini sekarang sudah hadir dengan platform Android Nougat 7.1.1 yang telah dipercantik oleh antarmuka Grace UX. Dengan tampilan warna putih yang lebih dominan, pengguna juga mendapatkan tambahan fitur keamanan baru yang disebut sebagai folder aman. Folder ini siap melindungi privasi pengguna dengan menempatkan data dan aplikasi yang bersifat pribadi pada sebuah folder khusus yang diamankan menggunakan sebuah kata sandi.

Bixby (Galing/PULSA)Bixby (Galing/PULSA)

Fitur asisten virtual Bixby yang pertama kali hadir pada Galaxy S8 ini juga dapat pengguna temui pada FE. Sayangnya implementasi Bixby yang saat ini belum sepenuhnya mendukung bahasa Indonesia kerap jadi ganjalan utama. Akibatnya Anda hanya akan mendapatkan deretan informasi berupa kartu-kartu yang sekilas menyerupai Google Now. Alternatifnya, Anda dapat mencoba Google Assistant yang sudah mendukung perintah suara dalam bahasa nasional. Sementara fitur bawaan lain seperti screen pinning dan split screen juga dapat Anda manfaatkan pada Note FE. Khusus split screen, fitur ini sejatinya sudah jadi pakem utama perangkat buatan Samsung yang diusung melalui antarmuka khas sang vendor jauh sebelum Android Nougat mengakomodasinya.

Beralih pada performa sang perangkat, prosesor Exynos 8890 octa yang terdiri dari empat core bertenaga tinggi 2.3GHz dan empat core dengan clock speed lebih rendah 1,6GHz. Kombinasi RAM 4GB dan ruang internal 64GB juga ikut menopang kinerja Note FE untuk menangani multitasking, gaming hingga operasional sehari-hari. Sedangkan baterai 3.200mAh yang sudah menyokong pengisian daya cepat memastikan Anda dapat terus beraktivitas menggunakan perangkat ini dengan lebih optimal dan tentu saja efisien dari segi waktu. Bagi Anda yang penasaran dengan kinerjanya, berikut hasil pengujian yang PULSA lakukan dengan AnTuTu dan GeekBench 4.

AnTuTU (Galing/PULSA)AnTuTU (Galing/PULSA)

GeekBench Compute (Galing/PULSA)GeekBench Compute (Galing/PULSA)

GeekBench CPU (Galing/PULSA)GeekBench CPU (Galing/PULSA)

Aspek Fotografi

Kamera (Galing/PULSA)Kamera (Galing/PULSA)

Alat pengabadi momen perangkat ini masih mengandalkan kamera dengan sensor tunggal 12MP pada bukaan lensa f/1.7. Anda dapat mengabadikan gambar dengan fokus lebih cepat dan akurat menggunakan fitur phase detection autofocus yang dibekalkannya. Sementara untuk mengabadikan video, Samsung juga melengkapinya dengan fitur OIS yang memastikan hasil rekaman lebih stabil dan bebas dari guncangan. Menariknya, Anda dapat merekam video dengan kualitas 2K secara simultan dengan memotret gambar pada resolusi 9MP. Terdapat pula fitur slow motion video mode hingga kecepatan 240fps di resolusi 720p.

Foto Selfie (Tary/PULSA)Foto Selfie (Tary/PULSA)

Beralih pada sisi depannya, Anda dapat bergaya selfie memanfaatkan sensor berukuran 5MP yang sudah memiliki diafragma lensa f/1.7. Adapun untuk keperluan vlogging, hasil rekamannya dapat dimaksimalkan hingga resolusi 2K yang bahkan telah mendukung pula perekaman video depan dan belakang secara serentak. Tidak cuma merekam, dual video call yang dijejalkan memungkinkan pengguna melakukan panggilan video melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan. Buat Anda yang penasaran dengan kualitas jepret dan videonya, simak ulasan selengkapnya pada PULSA edisi 375 mendatang.

Konektivitas dan Sensor

Tema (Galing/PULSA)Tema (Galing/PULSA)

Bicara soal jaringan, pengguna dapat mengakses internet dengan memanfaatkan teknologi 4G LTE. Kedua slot SIM dan microSD hybrid yang dibenamkan memberikan pilihan komunikasi yang lebih beragam sesuai dengan kemampuan dana pengguna serta daya jangkau sinyal sang operator.

Fasilitas transfer data miliknya sudah barang tentu memenuhi ekspektasi Anda akan sebuah ponsel flagship. NFC, Bluetooth, Wi-Fi Dual Band, Wi-Fi Direct hingga kemampuan navigasi GPS, GLONASS, BDS, Galileo dll siap membantu Anda melakukan perjalanan dengan lebih nyaman.

Deretan sensor pada perangkat ini juga memberikan jaminan privasi kepada sang pengguna. Pemindai sidik jari, iris mata, detak jantung, barometer, kompas dan masih banyak lagi yang lainnya turut disiagakan pula oleh Samsung demi memastikan pengalaman penggunaan yang maksimal sesuai dengan label harga tinggi yang disematkannya. (Galing)

Rate this item
(0 votes)