pulsa-logo

Gunakan Platform rOS, Apple Siapkan Headset Berbasis AR Tahun Depan?


Galing

Kamis, 09 November 2017 • 13:12

Apple, Headset AR, Headset AR Apple


Foto: GSMArenaFoto: GSMArena

Pesona trend Augmented Reality (AR) rupanya  juga memikat Apple. Seakan tak ingin tertinggal dengan trend teknologi kekinian, Apple dikabarkan saat ini  sibuk mengerjakan sebuah headset AR yang diprediksi akan meluncur di tahun 2019 atau awal 2020. Piranti sandang anyar dari Apple ini nantinya akan memiliki mikroprosesor dan sistem operasi tersendiri. “rOS” kabarnya akan jadi perangkat lunak penggerak dari sang headset yang dibuat berlandaskan pada iOS. Adopsi perangkat lunak khusus ini sejatinya sudah lebih dulu Apple terapkan pada WatchOS dan TVOS. Sebagai produk independen, headset AR Apple ini  juga memiliki layar sendiri, dan desain unik  yang  tidak seperti kebanyakan headset realitas virtual yang ada di pasaran.

 

Sulit membayangkan akan seperti apa bentuk dari headset yang dimaksud. Hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita tentu adalah Google Glass dan HTC Vive. Tentu akan sangat menggelikan sekiranya bentuk dari headset VR besutan Apple tersebut justru terlihat mirip dengan produk kedua kompetitornya tersebut.  

 

Bukan rahasia lagi bahwa Apple selama ini dinilai selalu “ketinggalan” dalam menggarap teknologi terkini, terutama teknologi VR dan  AR. Apple selama ini telah bekerja keras dalam beberapa tahun terakhir untuk mengembangkan teknologi AR. CEO Apple, Tim Cook juga secara terbuka memuji  Teknologi AR sebagai Teknologi Masa Depan.

 

Trio iPhone yang baru saja meluncur juga sudah dipersenjatai oleh perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk aplikasi AR. Artinya keberadaan headset AR baru ini akan melengkapi visi Apple tentang pengembangan dan implementasi teknologi AR oleh Apple kedepannya.


(Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2