pulsa-logo

Panasonic LUMIX G9, Kamera Autofokus Tercepat di Dunia Resmi Diperkenalkan


Galing

Kamis, 09 November 2017 • 16:11

Panasonic LUMIX G9


Foto: SlashGearFoto: SlashGear

Setelah meluncurkan Lumix GH 5 pada bulan Maret lalu. Panasonic kembali menambahkan daftar kamera terbaiknya. Kali ini perusahaan tersebut secara resmi memperkenalkan kamera terbarunya yakni LUMIX G9 pada Selasa (08/11). Perangkat tersebut membawa kamera dengan sensor 20,3 megapiksel dan mode High Resolution 80 megapiksel.

Panasonic mengklaim bahwa Kamera Lumix mirrorless baru ini secara khusus ditujukan untuk fotografer yang membutukan kecepatan dan stabilisasi gambar dalam bodi yang sudah ditingkatkan. Sensor dan perangkat lunak baru mengambil data vektor kecepatan dan gerak dari kedua giroskop serta bekerja untuk gambar dan video 4K.

Kabarnya, kamera ini memiliki atutofocus tercepat di dunia dengan kecepatan 0,04 detik. sementara Depth From Defocus yang dimilikinya dapat membandingkan dua gambar dengan tingkat ketajaman yang berbeda dengan mempertimbangkan karakteristik optik dari lensa apa pun yang terpasang. Ditambah lagi dukungan sensor drive auto focus speed 480 fps, LUMIX G9 bisa mencapai kecepatan hingga 60 fps dalam mode AFS, atau 20 fps di AFC, keduanya  menghasilkan resolusi penuh.

LUMIX G9 dengan Venus Engine 10 miliknya diklaim bisa mendeteksi tubuh manusia secara umum untuk memperbaiki kunci fokus. Terdapat  juga fitur AF Point Scope, yang dapat memperbesar subjek yang jauh agar lebih mudah diatur. Joystick baru di bawah jempol kanan dirancang untuk mempermudah pengontrolan. Empat preset dapat diatur ke konfigurasi khusus pengguna, tidak hanya mengatur sensitivitas AF dan sensitivitas perpindahan area, namun juga memosisikan tingkat prediksi objek.

Mode burst shot atau jepretan beruntun pada LUMIX G9 dapat menangkap 0.4 detik sebelum tombol rana ditekan. Mode PHOTO 6K menangkap pada kecepatan 30 fps. Sementara itu jepretan burst atau beruntun 6K pada aspek 4: 3 atau 3: 2 selanjutnya akan disimpan dalam bentuk foto berukuran sekitar 18 megapiksel. Pengguna juga dapat memilih FOTO 4K pada kcepatan frame 60 fps untuk hasil gambar dengan resolusi akhir sekitar 8 megapiksel. Panasonic menggunakan Venus Engine 10 untuk melakukan Post Recording Refinement untuk mengurangi kebisingan dan distorsi.

Sedangkan untuk perangkat kerasnya, kamera ini menggunakan die casting magnesium alloy full front dan rear frame yang memiliki kemampuan tahan percikan, debu dan beku. Layar LCD besar bertengger di atas, demikian pula dengan jendela bidik OLED ikut disertakan yang memiliki sudut pandang 100 persen. Terdapat juga mode Malam dengan backlighting ringan saat Anda beralih dari layar pratinjau ke EVF atau sebaliknya dalam kondisi minim cahaya.

Layar sentuh 3 inci dengan rasio 3: 2 terdapat pada bagian belakang, dengan resolusi titik 1.040k, dan dapat diputar hingga 270 derajat ke atas dan ke bawah. Jeroannya sudah mendukung konektivitas WiFi b / g / n / ac dan Bluetooth 4.2. Panasonic juga memanfaatkan opsi nirkabel yang dapat dipakai untuk saling berbagi pengaturan antara kamera Lumix 69.


Panasonic LUMIX G9 dibandrol 1.699 USD atau sekitar 22 juta rupiah untuk bagian body-nya saja dan tambahan 349,99 USD atau sekitar 4,7 juta rupiah untuk battery grip tambahan. Sudah diumumkan dari sekarang, peralatan fotografi canggih ini ternyata baru akan mulai dijual  pada awal bulan Januari tahun depan. (Tary/Galing)

Sumber: SlashGear