pulsa-logo

Xiaomi dan Oppo Garap Fitur Pengenalan Wajah 3D Mirip iPhone X?


Fauzi

Jum'at, 10 November 2017 • 09:57

Face ID,Apple,iPhone X


Fitur Face ID di iPhone X, Image Source: Apple.comFitur Face ID di iPhone X, Image Source: Apple.com

Apple telah meluncurkan jagoannya di segmen flagship, iPhone X, pada September lalu. Perangkat tersebut hadir dengan desain ekspansif dan layar full-view. Salah satu fitur lain dari iPhone X yang menonjol, yakni teknologi pengenalan wajah 3D.

iPhone X membawa perubahan yang cukup signifikan karena membuang tombol home dan mengganti Touch ID dengan system pengenalan wajah yang dijuluki sebagai Face ID.

Gebrakan baru dari iPhone ini nampaknya menarik perhatian dari para produsen smartphone lain untuk mengadopsi teknologi serupa. Sebut saja Xiaomi dan Samsung yang disebut tengah bekerja sama dengan Qualcomm untuk penggunaan pengenalan Facial 3D pada bendera mereka.

Tidak hanya itu OPPO juga dikabarkan akan melakukan kerjasama untuk bisa mengerjakan teknologi Facial Recognition dengan Qualcomm. Terbaru, bahwa Xiaomi dan OPPO sedang mempersiapkan pengaturan fine-tuning dengan Qualcomm untuk memulai debutnya pada awal tahun depan.

Kabarnya, teknologi pengenalan wajah 3D yang dikembangkan bersama Qualcomm dan Wonder Vision modul sensornya untuk sementara dipasok oleh Reliance Optoelectronics. Solusi pengenalan wajah diprediksi akan memasuki produksi massal sekitar bulan Maret dan April tahun depan.

Selain trio yang disebutkan di sini, Huawei juga diperkirakan akan bekerja sama dengan Sunny Optical Technologies untuk mengembangkan solusi sensor 3D untuk model high-end-nya. Di Tiongkok, teknologi optik Ophelia juga dikabarkan sedang mengembangkan teknologi serupa dan diharapkan bisa bekerjasama dengan produsen dalam negeri dalam waktu dekat.

Sumber: GizmoChina