Atrk
ads skin gagal

Google Siap Boyong Aplikasi AR ke Ratusan Juta Smartphone Android

  • Friday, 10 November 2017 16:12
  • Published in News

Foto: Android AuthorityFoto: Android Authority

Aplikasi dan game Augmented Reality (AR) akan tersedia di "ratusan juta" smartphone Android pada akhir 2018. Ini adalah ambisi Google sebagaimana yang diungkapkan oleh Amit Singh yang menjabat sebagai kepala unit pengembangan VR sang raksasa mesin pencarian tersebut dalam sebuah acara Web Summit yang diadakan di Lisbon.

Google telah mengkonfirmasikan bahwa pihaknya berencana untuk memperkenalkan dukungan AR lanjutan kepada sekitar 100 juta perangkat sebelum akhir tahun ini, namun tujuan jangka panjang perusahaan tersebut adalah mentransformasikan jutaan perangkat Android ke dalam mesin AR yang siap dalam dua belas bulan berikutnya.

Peluncuran tersebut tidak hanya mencakup perangkat papan atas. Google tampaknya menyasar produk yang ditujukan untuk sebagian besar pasar mobile yang saat ini ada sehingga ia akan menjadi hal besar yang selanjutnya akan terjadi dalam dunia teknologi atau yang lazim disuarakan sebagai 'next big thing’. "Augmented reality akan menjadi fitur inti sebagian besar Android selama beberapa tahun ke depan," ujar Singh yang mengisyaratkan pula bahwa handset kelas menengah bahkan papan bawah juga akan mendapatkan giliran pembaruan dalam dua tahun ke depan.

Cita-cita besar mewujudkan ponsel berteknologi AR ini tentu saja disokong oleh ARCore yang merupakan software development kit (SDK) Android rancangan Google yang akan mengizinkan pengembang untuk memasukkan kemampuan AR ke hampir semua perangkat Android yang ada tanpa mengharuskan adanya tambahan sensor atau perangkat keras lainnya.

Menurut Singh, proyek ARCore berjalan seperti yang direncanakan, dan timnya saat ini "membantu pengembang ... membangun pengalaman ... sehingga [AR] dapat menjadi kebiasaan sehari-hari."

Singh juga menyinggung pula potensi pendapatan yang bisa dihasilkan oleh teknologi ini. Potensi pendapatan yang bisa diraup dari teknologi ini sebetulnya cukup besar yang sebelumnya sudah dibuktikan  oleh Pokémon Go. Game mobile berbasis lokasi tersebut bahkan telah berhasil menghimpun pendapatan lebih dari $ 1 miliar yang berasal dari pembelian dari dalam aplikasi atau in-app purchase.

Singh juga menggarisbawahi manfaat yang bisa diusung oleh adanya implementasi AR pada aplikasi belanja. Contoh yang paling nyata adalah IKEA yang saat ini bahkan telah memanfaatkan ARKit yang merupakan SDK buatan Apple untuk keperluan pengembangan teknologi AR.

ARCore saat ini hanya tersedia di perangkat Pixel, Pixel 2, Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Kedepannya ketersediaan SDK ini ke perangkat lain tentu akan terus diperluas. (Galing)

Sumber: AndroidAuthority

Rate this item
(0 votes)