pulsa-logo

Genjot Kualitas Low-light Photography, Apple Diam-Diam Beli Perusahaan ini


Galing

Jum'at, 10 November 2017 • 17:31

Apple, Apple Akusisi, InVisage Technologies, iPhone, iPhone X, Low-light photography, Low-light photography iPhone


Foto: TheNextWebFoto: TheNextWeb

Apple sebagaimana dilaporkan oleh TechCrunch rupanya diam-diam telah mengakuisisi Invisage Technologies yang merupakan sebuah perusahaan yang bekerja untuk meningkatkan pengolahan gambar dalam kondisi cahaya minim. Sayangnya ketentuan soal kesepakatan akuisisi tersebut hingga kini belum diungkapkan.

Dalam situsnya, perusahaan tersebut memaparkan bahwa bahan QuantumFilm buatannya dapat digunakan dalam modul kamera berukuran mini yang akan memungkinkan kamera menangkap lebih banyak cahaya daripada sebelumnya sambil terus mengupayakan mengurangi ukuran komponen kameranya.

Sensor gambar tradisional - terutama yang digunakan pada smartphone saat ini – memang tengah mati-matian berupaya untuk mendapatkan gambar berkualitas bagus pada kondisi minim cahaya yang juga begitu peka terhadap panjang gelombang cahaya yang relatif terbatas. QuantumFilm dari InVisage mengabadikan gambar dengan akurasi tertinggi yang belum pernah ada sebelumnya dan dengan cara dasar yang sama sekali baru.

Apple belum berkomentar mengenai akuisisi tersebut atau menjelaskan apa yang akan dilakukan tim InVisage dengan tugas barunya tersebut. Namun asumsi yang berkembang menyebutkan bahwa teknologi yang mereka buat tersebut boleh jadi akan segera hadir pada kamera iPhone generasi selanjutnya. Salah satu tantangan utama dalam membuat kamera ponsel yang lebih baik adalah berurusan dengan ruang terbatas di dalam perangkat. Pemasangan panel layar besar, prosesor, antena dan baterai tentu akan mengurangi jatah ruangan yang akan disiapkan untuk sensor sang kamera.

InVisage menegaskan bahwa bahan sensor QuantumFilm buatannya sanggup menyerap cahaya dengan intensitas yang sama dengan lapisan silikon yang berukuran sepuluh kali lebih tipis. Dengan demikian teknologi tersebut tentu akan dapat membantu Apple untuk mengembangkan sistem kamera yang lebih kecil di masa depan. Inovasi semacam inilah yang sebetulnya cukup penting dikuasai oleh para produsen perangkat keras smartphone demi mengalahkan para pesaing mereka. (Galing)

Sumber: 1, 2