pulsa-logo

Layar iPhone X Kembali Didera Masalah Garis Hijau, Apa Sebabnya?


Galing

Senin, 13 November 2017 • 09:27

iPhone X, Layar iPhone X Bermasalah, iPhone X Bermasalah, Apple


Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Baru beberapa hari yang lalu Apple tersandung masalah layar iPhone X yang tidak responsif saat berpindah ke lingungan dengan suhu yang sangat dingin. Apple memang sudah mengkonfirmasi dan mengatakan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan merilis pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi hal tersebut. Namun belum juga update tersebut digulirkan, kini Apple sudah menemukan masalah baru lainnya di iPhone yang lagi-lagi berkaitan dengan layar. Waduh!

 

Beberapa pengguna  iPhone X meluapkan unek-unek mereka di forum dukungan Apple, dengan mengatakan bahwa  mereka menemukan garis hijau aneh yang menempati sisi kanan atau kiri layar iPhone X. Beberapa pengguna telah berusaha untuk melakukan restart dan rebooting serta factory data reset perangkat, namun tetap tidak menyelesaikan masalah tersebut. 

 

Salah satu teori yang menyebutkan penyebab adanya masalah garis hijau aneh ini adalah bahwa masalah tersebut berkaitan dengan sistem kelistrikan di iPhone X yang menyebabkan banyak garis sub piksel berwarna hijau yang menyala di layar, mulai dari atas layar hingga ke bawah. Anda mungkin ingat bahwa tahun lalu, ada masalah garis merah muda serupa yang merusak layar di bagian tepi layar Samsung Galaxy S7 Edge. Saat itu Samsung memutuskan untuk menyelidiki masalah tersebut dan menemukan akar  masalah ini disebabkan oleh masalah hardware. Beberapa pemilik Motorola DROID Turbo 2 juga mengeluhkan garis hijau vertikal yang muncul di layar ponsel mereka. Masalah ini diduga pula berkaitan erat dengan sistem kelistrikan di perangkat hardware-nya.

 

Amat disarankan bahwa bagi pengguna iPhone X yang unitnya mengalami masalah garis hijau aneh di layar, segera mendatangi  Apple Store tempat mereka membeli, dan meminta unit penggantiannya. Jelas ini bukan masalah yang bisa diatasi dengan update software. Apple bahkan rela mengganti unit yang memiliki masalah tersebut dengan unit yang baru. 


 

Kini sedikitnya suda ada 25 orang pemilik iPhone X  yang telah memasang gambar di media sosial dan di halaman dukungan Apple, yang melaporkan masalah garis hijau aneh di iPhone X milik mereka. Selain masalah tersebut, unit-unit  iPhone X ini tampak bekerja dengan sempurna, dan kabarnya tidak ada satupun unit yang rusak. 

 

Tampaknya sebagian besar masalah garis hijau di layar tersebut mempengaruhi model iPhone X di berbagai wilayah di seluruh dunia, dan di kedua variasi ROM 64GB dan 256GB. Sayangnya, sejauh ini Apple belum memberikan konfirmasi apapun terkait dengan masalah garis hijau di layar iPhone X tersebut. (Nariswari/Galing)

 

Sumber: 1, 2, 3