pulsa-logo

Tidak Aman, FaceID di iPhone X Bisa Dibobol dengan Cara Ini


Fauzi

Senin, 13 November 2017 • 09:28

FaceID,iPhone X


Fitur Face ID di iPhone X, Image Source: Apple.comFitur Face ID di iPhone X, Image Source: Apple.com

Kehadiran iPhone X tidak diragukan telah membawa semangat dan harapan besar Apple untuk lebih berani melakukan banyak inovasi di perangkat generasi terbarunya. Salah satunya adalah hadirnya fitur yang sama sekali baru yang dinamakan FaceID yang  digadang-gadang sebagai fitur alternatif/pengganti otentifikasi pengguna selama ini, yakni TouchID.

Face ID memanfaatkan teknologi pemindaian wajah 3D dengan memanfaatkan kamera TrueDepth. Sebagai teknologi baru yang canggih, jelas FaceID langsung mengdapat sambutan yang luar biasa dari pengguna iPhone X. Memang sih, tidak sedikit juga yang masih meragukan sisi keamanan dan akurasi dari FaceID. Namun, selama ini Apple selalu bersiskukuh dengan meyakinkan pengguna bahwa FaceID sangat aman, praktis, dan akurat, dan dalam hal ini anti pembobolan yang tidak bisa ‘ditipu’ oleh berbagai cara, selain otentifikasi dengan menggunakan wajah pengguna.

Namun ternyata sebuah temuan terbaru yang dikembangkan oleh sebuah firma keamanan bernama Bkav, mematahkan keyakinan Apple tersebut.

Bkav, mengatakan bahwa orang bisa masuk ke iPhone X dengan menggunakan topeng yang dikembangkannya.

“Sejak iPhone X diluncurkan, orang telah mencoba berbagai trik untuk menipu Face ID. Kami telah melihat begitu banyak orang yang memiliki saudara kembar, menipu dengan foto, gambar di kertas, dan beberapa cara lain untuk mengelabui teknologi pemindaian 3D dan AI FaceID di iPhone X. Namun upaya tersebut belum ada yang berhasil. Karena kami adalah firma cyber security terkemuka, maka tidak cukup sulit bagi kami  untuk membuat semacam topeng untuk mengelabui FaceID. Kami sangat mengerti bagaimana AI yang bekerja di FaceID, bagaimana mereka bekerja dan cara untuk melewatinya. Seperti pada tahun 2008, kami adalah orang pertama yang menunjukkan bahwa pengenalan wajah bukanlah ukuran keamanan yang efektif untuk laptop," papar Bkav di website resminya. 

Upaya Bkav untuk menggunakan semacam topeng bukanlah yang pertama karena sejumlah publikasi seperti majalah Wired telah mencobanya juga, namun upaya tersebut tidak berhasil.

Bkav telah memposting video dan mengunggahnya di YouTube di mana mereka telah menunjukkan kemampuan topeng yang mereka kembangkan untuk membobol FaceID. Topeng yang dikembangkan oleh Bkav itu sendiri tidak terlalu mahal untuk dibuat yakni dibanderol hanya 150 USD. Topeng  itu dicetak 3D dan hidung dibuat oleh seorang seniman sementara bagian lain dicetak 2D agar terlihat nyata.


 

Bkav percaya bahwa kerentanan ini dapat dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk masuk ke iPhone X  milik tokoh-tokoh berpengaruh seperti politisi, milyarder, dan eksekutif bisnis. Saat ini, satu-satunya pilihan keamanan yang lebih baik adalah sidik jari.

Sumber: GizChina