pulsa-logo

Exynos 9810 Resmi Diumumkan, Calon Dapur Pacu Samsung Galaxy S9?


Galing

Senin, 13 November 2017 • 16:51

Samsung, Exynos, Exynos 9810, Chipset Exynos Baru, Galaxy S9, Galaxy S9 Plus


Foto: NDTVFoto: NDTV

Samsung akhirnya  mengumumkan prosesor mobile andalan terbaru mereka yang dibangun menggunakan proses 10nm bernama Exynos 9810. Prosesor yang masuk dalam 9 Series ini dikabarkan akan menjadi dapur pacu dari smartphone jagoan Samsung berikutnya, Galaxy S9.

 

Exynos 9810 dibangun dengan core CPU custom generasi ketiga garapan Samsung dan juga dilengkapi dengan GPU yang telah diupgrade. Samsung juga menggembar-gemborkan hadirnya dukungan untuk modem Gigabit LTE yang dapat menawarkan dukungan 6CA (carrier aggregation). Dan dukungan ini merupakan yang pertama di kelasnya. Selain itu, ia juga merupakan chipset pertama yang dibangun memanfaatkan teknologi 10nm generasi kedua FinFet process technology.

 

Pada awal tahun ini Samsung telah meluncurkan Exynos 8895 yang didalamnya telah membenamkan modem Gigabit LTE yang dapat mendukung 5CA. Sehingga ia mendukung LTE Cat 16 yang dapat menyediakan kecepatan download hingga 1Gbps dan kecepatan upload hingga 150Mbps (Cat 13). Chipset ini tertanam pada seri Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus  serta Galaxy Note 8. 

 

Mengikuti kabar sebelumnya, Qualcomm tampaknya tengah bersiap meluncurkan Snapdragon 845 SoC pada awal tahun depan. Berbeda dengan Exynos 9810, prosesor buatan perusahaan yang berbasis di San Diego tersebut nantinya akan dibuat menggunakan proses fabrikasi 7nm yang lebih cepat dan lebih efisien. Seperti seri flagship ponsel Samsung sebelumnya, Galaxy S9 yang meluncur tahun depan juga diprediksi akan hadir dalam versi Exynos dan Qualcomm.


 

Menurut rumor yang beredar, Samsung akan mempertahankan layar dengan model Infinity Display pada smartphone jagoannya tersebut. Ukuran dari sang layar kabarnya juga tidak akan mengalami perubahan dengan versi standar dan Plus masing-masing akan membawa diagonal 5,8 dan 6,3 inci. (Nariswari/Galing)

 

Sumber: NDTV