pulsa-logo

Ini Dia Laptop Pertama Yang Akan Jalankan Prosesor Snapdragon 835!


Galing

Rabu, 15 November 2017 • 20:10

Qualcomm Snapdragon 835, Qualcomm, Snapdragon, Chipset Snapdragon, Microsoft


Foto: HP via GizChinaFoto: HP via GizChina

 

Jika selama ini dalam pikiran Anda sudah terpatri kuat  bahwa prosesor buatan Qualcomm hanya dipakai di smartphone, maka anggapan ini memang tidak sepenuhnya salah. Selain processor Snapdragon disesuaikan untuk sistem operasi Android mobile, processor ini telah disesuaikan pula untuk ekosistem perangkat mobile kekinian. 

 

Maka tidak heran jika sejak awal tahun ini, berbagai vendor smartphone  selama ini berkompetisi satu sama lain untuk menjadi yang pertama meluncurkan smartphone yang ditenagai  processor Snapdragon generasi terbaru.  Sebagian besar pasokan processor Snapdragon  versi-versi terbaru  kerap dijalankan di beberapa merek smartphone global seperti Samsung , LG dan Sony. 

 

Namun seiring perjalanan waktu, prosesor Snapdragon terus mengalami  peningkatan dan pengembangan. Sehingga chip ini diharapkan bisa dijalankan di perangkat berlayar lebih besar dari seperti tablet dan laptop.

 


Microsoft  beberapa waktu lalu memang pernah menjanjikan bahwa nantinya akan menggarap beberapa laptop yang akan ditenagai oleh prosesor berbasis ARM. Pabrikan seperti HP, Asus, dan Lenovo diharapkan akan menjadi produsen laptop pertama yang akan mengadopsinya. Berdasarkan berita yang dikutip dari  laman resmi  HP Care Pack, perusahaan pembesut laptop tersebut telah memamerkan dua laptop baru  buatannya yang akan diotaki chip Snapdragon 835.

 

Pada acara WinHEC di Shenzhen, China yang digelar di akhir tahun lalu, Microsoft mengumumkan bahwa mereka tengah bekerja sama dengan Qualcomm untuk menghadirkan pengalaman penuh Win10 ke perangkat masa depan yang didukung oleh chipset Snapdragon. 

Ini berarti Windows 10 akan dibawa serta  ke ekosistem ARM. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin chipset Snapdragon 835 dijalankan ke laptop dengan desain  perangkat  yang tipis, ringan, hemat daya dan selalu terhubung seperti smartphone, tablet dan perangkat  lainnya yang  mengadopsi teknologi yang disebut eSIM. 

 

Berdasarkan bocoran screenshot  dari laman resmi HP Care Pack, laptop HP dimaksud nantinya akan hadir dengan layar 12 inci, opsi besaran RAM 4/ 8GB, dan penyimpanan UFS 128GB/256GB. 

 

Penggunaan prosesor Snapdragon 835 dikenal tidak hanya piawai untuk menghadirkan  kinerja yang mulus dengan menggunakan node proses 10nm,  namun juga membutuhkan konsumsi daya rendah dan jauh lebih hemat daya jika dibandingkan dengan banyak prosesor lainnya yang biasanya digunakan untuk perangkat laptop termasuk dari  merek  Intel sekalipun. (Nariswari/Galing)

 

Sumber: GizChina