pulsa-logo

Mengejutkan! Apple Gunakan 2 Chip Modem Berbeda pada iPhone X


Galing

Kamis, 16 November 2017 • 10:19

Apple, iPhone X, Qualcomm, Intel


Foto: BGRFoto: BGR

iPhone X, Perangkat yang dirancang khusus untuk ulang tahun Apple yang ke Sepuluh  telah secara resmi diluncurkan di Cupertino AS pada Bulan September Lalu. Para pecinta Apple sangat menyambut baik peluncuran tersebut, namun ternyatar iPhone X diam-diam tersedia dalam dua varian yang berbeda. Berdasarkan informasi yang PULSA kutip dari bgr, Apple menggunakan chip modem yang berbeda yang dibuat oleh Intel dan Qualcomm. Gawatnya, kedua versi tersebut ternyata memiliki kinerja yang berbeda. 

 

Pengujian oleh SpeedSmart yang menghimpun hasil pengujian yang dilakukan oleh pengguna dari berbagai lokasi lewat sebuah aplikasi menunjukkan bahwa ada perbedaan kecil namun nyata dalam kecepatan antara versi Intel dan Qualcomm dari iPhone X. Perbedaan ini  bahkan terlihat meski perangkat digunakan pada jaringan yang sama. Hasilnya,  modem Intel yang dianggap berada di belakang Qualcomm dalam banyak hal ternyata berjalan lebih cepat.

 

Namun hal tersebut tidak bisa dijadikan kesimpulan, pasalnya data hanya mengukur kecepatan, bukan variabel seperti lokasi, sinyal sel, atau band LTE, dan ukuran sampelnya masih kecil. Penulis laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa "sejumlah kecil tes kecepatan telah dilakukan dengan iPhone X dibandingkan model iPhone lainnya," jadi hal tersebut tidak dapat dijadikan tolak ukur. 

 

Terlebih lagi, Apple dikabarkan telah secara artifisial membatasi modem Qualcomm untuk mengurangi perbedaan kinerja antara ponsel Intel dan Qualcomm. Apple agaknya menonaktifkan beberapa teknologi LTE-Advanced tertentu yang didukung oleh modem Qualcomm yang tidak tersedia pada chip Intel. Mengingat kompleksitas desain modem, ada kemungkinan bisa memperlambat kinerja LTE reguler pada chip Qualcomm.


Jaringan AT & T dan T-Mobile merupakan dua jaringan yang mendukung model Qualcomm dan Intel pada iPhone X. -rata Intel iPhone X 30.13Mbps, sedangkan Qualcomm iPhone X rata-ratanya 27.46Mbps. Di T-Mobile, ponsel Intel rata-rata 33.34Mbps, sementara perangkat Qualcomm rata-rata 26,54Mbps.

 

Hasil tersebut tentunya berlawanan dengan Cellular Insights saat menguji model Qualcomm dan Intel iPhone 7 Plus yang meluncur tahun lalu. Pengujian tersebut menyelidiki bagaimana kedua ponsel bekerja dalam kondisi "suboptimal", dan menemukan bahwa Qualcomm iPhone 7 Plus tampil secara signifikan lebih baik daripada perangkat Intel. Apakah mungkin kondisi tersebut sudah terbalik untuk iPhone X di Tahun ini? (Tary/Galing)

 

Sumber: BGR