Atrk
ads skin gagal

UC Browser Lenyap dari Play Store, Ada Masalah Apa?

  • Nariswari
  • Thursday, 16 November 2017 10:47
  • Published in News
Foto: Google Play via HindustanTimesFoto: Google Play via HindustanTimes
 
Jika Anda berniat untuk mengunduh aplikasi browser paling populer di smartphone yakni UC Browser untuk smartphone berbasis OS Android, maka bersiap-siaplah untuk kecewa. Pasalnya, aplikasi UC Browser diam-diam hilang dari Google Play Store! Wah ada apa ya?  UC Browser rupanya telah dituduh mengirimkan data pengguna, termasuk nomor IMEI dan data lokasi, ke server yang berlokasi di Tiongkok. Masalah serius inilah yang kemudian berdampak pada menghilangnya UC Browser dari Google Play Store. 
 
Google tampaknya telah melenyapkan aplikasi UC Browser dari Play Store, walaupun masih banyak  penawaran UC Web lainnya seperti misalnya - UC Browser Mini –yang ternyata  masih tersedia di Google Play Store untuk diunduh secara gratis.  Dan meskipun lenyap dari Google Play Store, UC Browser masih tersedia untuk diunduh gratis di Apple Store.
 
Google merasa perlu untuk mengambil langkah tersebut dengan segera setelah aplikasi UC Browser  berada di bawah penyidikan pemerintah India karena diduga mengirimkan data pengguna ke server  di negeri tirai bambu. Dikatakan bahwa aplikasi tersebut bisa mengakses data pengguna bahkan setelah di-uninstalled dari ponsel. The Centre for Development of Advanced Computing in Hyderabad (Pusat Pengembangan Komputasi Tingkat Lanjut di Hyderabad) hingga saat ini masih menyelidiki masalah tersebut.
 
Seorang pengguna Twitter "Mike Ross" yang mengaku sebagai karyawan UC Browser, mengatakan bahwa aplikasi tersebut telah dihapus di Google Play Store selama 30 hari karena menggunakan metode "menyesatkan" dan "tidak sehat" untuk mempromosikan pemasangan di perangkat berbasis OS Android.
 
Aplikasi mobile yang populer di India dan Asia tersebut, telah dikembangkan oleh UC Web milik Grup Alibaba di Cina. Browser ini dikenal dengan fitur kompresi data, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses konten maksimal tanpa harus khawatir dengan konsumsi data mobile. Browser ini sangat populer  sebagai aplikasi andalan untuk ponsel Android. 
 
Awal bulan ini, UC Web mengumumkan bahwa mobile browser besutannya telah melampaui 500 juta unduhan. Menurut Laporan Tren Internet 2017 oleh Kleiner Perkins yang dirilis pada bulan Juni tahun ini, UC Browser adalah aplikasi keenam yang paling banyak diunduh di Google Play Store di India. UC Web juga memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan dari India.
 
Ini bukan kali pertama UC Browser dituding mengutak-atik privasi pengguna. Kembali ke tahun 2015, kelompok riset teknologi yang berbasis di Kanada bernama Citizen Lab melaporkan bahwa aplikasi browser tersebut memberikan informasi pribadi yang penting, termasuk lokasi, nomor ponsel dan detail perangkat, ke aplikasi pihak ketiga. Hal tersebut mewakili risiko privasi bagi pengguna karena memungkinkan siapa pun yang memiliki akses terhadap lalu lintas data untuk mengidentifikasi pengguna dan perangkat milik pengguna. (Nariswari/Galing
 
Rate this item
(0 votes)