pulsa-logo

Astaga! FaceID iPhone X Milik Ibu Ini Bisa Dibuka Oleh Anaknya


Galing

Kamis, 16 November 2017 • 11:04

iPhone X, Apple, iPhone 8, iPhone 8 Plus


Foto: BGRFoto: BGR

 

Siapkan diri Anda saat membaca judul di atas. Ya, salah satu kekhawatiran paling besar dari pengguna perangkat pintar adalah faktor keamanan dan data privasi pengguna.  Lahirnya iPhone X  di perhelatan ulang tahun iPhone ke-10 di 12 September lalu, menandai upaya Apple untuk fokus pada perlindungan keamanan pengguna.

 

Salah satunya dengan meningkatkan sistem otentifikasi perangkat, dengan perlahan “menggeser” TouchID lalu menggunakan pemindaian wajah 3D yang dinamakan FaceID. Selama ini, Apple selalu mengklaim bahwa FaceID sangat aman, akurat dan sangat kecil kemungkinan untuk “dibobol” oleh pihak yang bukan si pengguna iPhone X. Bahkan dengan sangat percaya diri, Apple mengklaim bahwa kesempatan orang  random  yang membuka iPhone X melalui FaceID adalah 1 dari 1.000.000, dibandingkan dengan TouchID  yang masih memiliki probabilitas 1 dari 50.000. Namun sepertinya kejadian yang berlangsung di keluarga Malik, akan menampar keras Apple. 

 

Adalah keluarga Malik yang membeli unit iPhone X beberapa waktu yang lalu. Sang ibu, dikejutkan saat putra mereka yang bernama Ammar (10 tahun) sukses membuka kunci (unlocked) iPhone X milik ibunya tersebut tanpa adanya masalah sama sekali. 

 


Jika Anda ingat beberapa waktu yang lalu, Tim Cook (CEO Apple) sempat berseloroh bahwa  ada kemungkinan bahwa FaceID di  iPhone X dapat dibuka oleh kembaran identik  Anda. Dengan tingkat kemiripan, lekuk wajah dan banyak detail fisik yang menyerupai Anda. Namun bagaimana dengan kasus Ammar dan ibunya? 

 

Ammar adalah seorang bocah lelaki berusia 10 tahun dan fisiknya jauh berbeda dengan ibunya. Dan Ammar nyatanya sukses membuka kunci ponsel ibunya tanpa masalah. Mengerikan bukan?

 

Ammar bahkan sama sekali tidak memerlukan topeng cetak 3D yang mewah buatan firma cyber security BKav. Karena beberapa hari yang lalu beberapa periset keamanan BKav telah mengkalim bahwa mereka  berhasil  melewati keamanan biometrik Apple yakni FaceID. Lalu apa yang menjadikan Ammar berhasil melewati keamanan biometrik FaceID? Faktor genetikkah? 

 

Teman-teman keluarga Malik mengatakan bahwa Ammar lebih mirip ayahnya, ketimbang ibunya. Meskipun  FaceID tidak mengatakan demikian – karena nyatanya Ammar bisa membuka kunci iPhone X milik ibunya. Tapi Ammar tidak bisa membuka kunci iPhone X milik ayahnya. 

Anda bisa melihat video proses pemindaian wajah FaceID iPhone X milik ibunya Ammar di video yang diunggah ke YouTube berikut. (Nariswari/Galing

 

Sumber: GSMArena