pulsa-logo

Tinggalkan Qualcomm, Apple Ajak Intel Garap 5G di iPhone?


Galing

Jum'at, 17 November 2017 • 14:03

Apple, Qualcomm, Intel, 5G, iPhone


Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Apple sejak  beberapa waktu belakangan ini makin fokus untuk menggarap pengembangan teknologi 5G untuk diterapkan di jajaran iPhone generasi mendatang. Bahkan beberapa minggu yang lalu, Apple dikabarkan menjalin kemitraan dengan Qualcomm untuk pengembangan modem 5G, namun saat itu kerjasama antara keduanya digambarkan “masih terbatas”. Kini sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple memilih modem 5G garapan Intel untuk iPhone masa depannya.  Menurut  informasi yang diperoleh dari Fast Company, yang mengutip keterangan dari beberapa insinyur dan team ahli di Apple menyebutkan bahwa Apple  telah bekerja sama dengan Intel dalam teknologi 5G yang akan diadopsi ke iPhone generasi mendatang.

 

Menurut narasumber di Fast Company, modem Qualcomm 5G akan menawarkan fitur carier yang lebih baik seperti Uplink Carrier Aggregation. Namun sayangnya fitur tersebut rupanya yang tidak akan diadopsi secara luas oleh operator. Walau bagaimanapun perusahaan tersebut sepertinya berpandangan bahwa perangkat keras buatan Intel tampaknya akan lebih pas diimplementasikan pada perangkat buatan Apple kedepannya.

 

Beberapa  sumber mengatakan, Intel akan membenamkan modem buatannya ke System-on-a-Chip(SoC) yang di dalamnya akan berisikan pula CPU, GPU, dan komponen lainnya untuk iPhone generasi mendatang. SoC tersebut akan dirancang bersama oleh kedua perusahaan dengan proses pembuatan akan dikerjakan di fasilitas produksi milik Intel.

 

Intel  dikabarkan memiliki ribuan orang ahli yang berdedikasi untuk pengembangan teknologi 5G. Merekalah yang diandalkan oleh Intel dalam upaya mengejar ketinggalannya dari Qualcomm dan memenangkan kontrak dari Apple.


 

Intel pagi ini mengatakan bahwa pihaknya telah membuat "kemajuan substansial" dalam produk nirkabel untuk mempercepat adopsi 5G. 

Menurut Intel, mereka telah menyelesaikan proyek 5G end-to-end yang merupakan salah satu "tonggak penting” dalam pengembangan teknologi 5G.

Intel mengharapkan chip 5G pertamanya diluncurkan pada tahun 2019, menjelang peluncuran jaringan 5G secara global. Salah satu operator global raksasa di Amerika Serikat, T-Mobile hari ini (17/11) mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk menggelar jaringan generasi kelima (5G)  di seluruh Amerika Serikat pada tahun 2020, dan sebagian besar operator di Amerika Serikat telah melakukan percobaan terbatas 5G.

 

5G diharapkan dapat memberikan kecepatan koneksi  10 sampai 100 kali lebih cepat daripada koneksi rata-rata 4G, pada gigabit per detik atau lebih tinggi. 

 

Desas-desus bahwa Apple sedang mempertimbangkan teknologi Intel 5G tersebut sebenarnya sesuai dengan  rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk mengganti chip Qualcomm dari iPhone dan iPad (2018), dan mencari alternatif chip lainnya. Kenapa demikian? Karena meskipun keduanya telah sejak lama terikat hubungan bisnis yang strategis, namun  antara  Apple dan Qualcomm terlibat dalam masalah hukum yang serius sejak bertahun-tahun yang lalu. Sebagian besar sengketa hukum itu berkenaan dengan  paten dan  royalti yang tidak adil atas teknologi yang dikembangkan oleh Qualcomm yang digunakan oleh Apple. (Nariswari/Galing)

 

Sumber: 1, 2, 3