pulsa-logo

Kiat Menghasilkan Foto Yang Menarik dari Smartphone Android


Galing

Senin, 20 November 2017 • 16:54

Smartphone Photography, Fotogtafi Ponsel, Ponsel Android, Tips Android


Foto: Ilustrasi Fotografi SmartphoneFoto: Ilustrasi Fotografi Smartphone

Kamera yang tersedia pada smartphone berbeda-beda, tidak sedikit juga alat fotografi di ponsel Android yang kurang maksimal ketika mengabadikan momen. Akibatnya Anda jadi malu untuk berbagi foto di sosial media.  

 

Untuk mendapatkan foto yang sempurna, ada baiknya untuk memiliki pemahaman dasar tentang beberapa prinsip fotografi yang dapat membuat foto Anda terlihat keren, meskipun megapiksel kamera smartphone Anda tidak maksimal. Pemahaman dasar yang penting diantaranya pencahayaan dan komposisi foto.

 

Memiliki kamera dengan resolusi tinggi bukanlah hal yang mutlak, sebaliknya dibutuhkan perencanaan yang matang yang berlandaskan pada beberapa konsep dasar fotografi. Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan hasil foto maksimal dari sebuah ponsel Android sebagaimana yang PULSA rangkum dari Phandroid. 

 

1. Memahami Pencahayaan


 

Dalam kebanyakan situasi Anda mungkin berada dalam kondisi tidak memiliki pencahayaan yang cukup untuk  menerangi subjek dan meningkatkan warna serta ketajaman gambar.  Jika kondisinya demikian, maka anda tidak dapat memanfaatkan lingkungan sekitar untuk pencahayaan. Akan tetapi Anda bisa lebih cermat untuk memanfaatkan sumber cahaya buatan seperti lampu dan perlengkapan lainnya. Meski demikian tetap harus diakui bahwa  mengandalkan cahaya alami akan lebih menguntungkan anda untuk menghasilkan foto yang indah. 

Pencahayaan lingkungan buatan seringkali bisa berdampak negatif pada foto Anda. Lampu pijar bisa mengeluarkan warna kusam dan kekuningan saat terlalu terang. Sumber cahaya alami biasanya memberikan cahaya hangat yang membuat subjek menjadi lebih alami dan hidup. 

Begitu Anda telah menetapkan sumber cahaya terbaik untuk foto Anda, posisikan subjek Anda dengan cahaya. Posisikan agar sumber cahaya bersinar pada subjek Anda namun tidak secara langsung ke lensa kamera Anda. Sementara, pencahayaan dari samping bisa mengakibatkan bayang-bayang canggung atau area yang kurang terang dalam bidikan potret Anda.

Setelah memahami bagaimana menggunakan cahaya. Anda dapat mulai bereksperimen dengan membuat foto  dengan memanfaatkan sumber cahaya. Misalnya, mendapatkan pencahayaan yang tepat dari belakang subjek bisa menghasilkan efek siluet yang menarik.

 

2. Memahami eksposur

 

Eksposur  berkaitan dengan jumlah cahaya yang masuk ke sensor kamera dan memberikan pengaruh kecerahan gambar secara keseluruhan. Dalam kamera digital, standar eksposur disesuaikan dengan kombinasi aperture, shutter speed, dan ISO. Penggabungan ketiganya akan sanggup menyaring berapa banyak cahaya yang masuk ke kamera dan seberapa sensitif kamera terhadap cahaya tersebut. Dalam situasi terang, sensitivitas cahaya rendah cocok untuk menangkap pemandangan dengan banyak detail. Dalam situasi dengan cahaya rendah dibutuhkan sensitivitas yang lebih tinggi, meski bisa menghasilkan gambar yang berkurang kualitasnya.

Perangkat lunak kamera pada ponsel Android Anda boleh jadi tidak dilengkapi dengan penyesuaian manual exposure. Bukaan lensa dan kecepatan rana sang kamera biasanya juga ikut dikunci, sehingga eksposur keseluruhan ditentukan secara otomatis berdasarkan fokus kamera. Jika memungkinkan, PULSA menyarankan Anda untuk melakukan penyesuaian manual eksposur. Kontrol ini biasanya beroperasi sama dengan penyesuaian ISO manual. Kontrol eksposur bisanya berupa slider yang dapat digeser dengan mudah untuk menyesuaikan kecerahan seluruh gambar sebelum foto diambil.

 

3. Atur white balance

 

Sebagian besar aplikasi kamera Android menawarkan beberapa bentuk penyesuaian white balance, meskipun tingkat penyesuaian manual bervariasi. Whitebalance merupakan parameter penting untuk menangkap warna secara akurat, menentukan suhu dasar putih yang diberi sumber cahaya. Pengguna biasanya dapat memilih preset white balance berdasarkan berbagai kondisi pencahayaan selain mode otomatis yang akan menyesuaikan white balance secara dinamis.

Jika Anda memiliki aplikasi kamera yang canggih, Anda dapat mengatur white balance secara manual agar sesuai dengan lingkungan pengambilan gambar Anda. Whitebalance biasanya disesuaikan secara manual dengan memusatkan perhatian pada objek putih yang berada dalam kondisi cahaya yang sama dengan objek gambar yang akan Anda bidik.

 

4. Pastikan Fokus Subjek

 

Pencahayaan yang sempurna tidak berarti banyak jika gambar Anda tidak fokus. Hampir setiap smartphone Android menawarkan fokus otomatis, namun penting untuk menjaga agar tangan tetap stabil dan menahan gambar agar tetap fokus sampai lampu rana kamera menyala.

Sebagian besar kamera Android juga menawarkan kemampuan untuk secara manual dan dinamis fokus pada area gambar yang berbeda dengan mengetuk layar smartphone. Anda dapat mengarahkan kembali fokus dan dalam banyak kesempatan dapat pula dimanfaatkan untuk menciptakan efek yang menarik. Anda bisa membuat Efek "bokeh" dengan memanfaatkan fokus manual. Gambar bokeh yang benar sulit didapat dengan perangkat keras kamera smartphone, namun aplikasi seperti Google Camera memiliki kemampuan khusus built-in untuk mensimulasikan tampilan yang tengah nge-tren tersebut.

 

5. Perhatikan Komposisi Foto

 

Foto: PhandroidFoto: Phandroid

 

Salah satu prinsip fotografi yang paling dasar adalah "Rule of Thirds," yang membagi bidang gambar menjadi sembilan kuadran berdasarkan pembagian horizontal dan vertikal yang sama. Ada kemungkinan aplikasi kamera smartphone Anda menyertakan opsi untuk menampilkan hamparan grid yang berfungsi sebagai representasi visual tersebut. 

 

Konsep dasar Rule of Thirds adalah menempatkan subjek Anda pada titik di mana kuadran ini berpotongan di sepanjang garis grid. Rule of Thirds selanjutnya dapat direkayasa serta dimanipulasi untuk mendapatkan hasil foto yang menarik pandangan mata. Pada kondisi kurang mendukung dari segi pencahayaan atau subjek yang bergerak terlalu cepat, Anda dapat mengakalinya dengan memanfaatkan aneka opsi perbaikan foto dengan bantuan aplikasi Google Camera, Camera FV-5, VSCO Cam, Snapseed, ataupun Photoshop Express. (Tary/Galing)

 

Sumber: Phandroid

 

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42