pulsa-logo

Samsung Galaxy S9 Akan Dibekali Pemindai Iris dan Pengenal Wajah ?


Fauzi

Selasa, 21 November 2017 • 11:39

Samsung Galaxy S9


Sejak Apple memperkenalkan sistem pengenalan wajah 3D dengan memanfaatkan kamera TrueDepth di fitur FaceID di iPhoneX, hal ini memancing banyak vendor lain untuk menggarap fitur serupa. Salah satunya adalah Samsung.

Keunggulan Samsung kelak hadir dengan sistem otentikasi biometrik yang  jauh ditingkatkan. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung sedang menggarap teknologi pemindaian iris dan teknologi pengenalan wajah yang akan ditanamkan di Galaxy S9. Teknologi pengenalan wajah yang akan dihadirkan di Galaxy S9 diklaim lebih cepat dengan bantuan perbaikan perangkat lunak.

Media  lokal di Korea juga melaporkan bahwa anggota berikutnya dari seri Galaxy S tersebut juga akan hadir dengan sensor kamera depan beresolusi 8MP yang identik dengan yang ada di Galaxy S8 dan S8 Plus.

Perangkat Samsung Galaxy S dan Galaxy Note terbaru akan menampilkan teknologi pemindaian wajah dan pemindaian iris. Dua sistem otentifikasi ini hadir, selain fitur pemindai sidik jari. Jadi, fitur pemindai sidik jari tetap akan ada, meski nantinya ada dua sistem otentifikasi canggih tersebut.

Sebenarnya, sistem pengenalan wajah telah tersedia untuk perangkat berbasis Android sejak tahun  2011 saat diluncurkan Ice Cream Sandwich. Saat itu, sistem pengenalan wajah dikenal dengan nama "Face Unlock".

Namun saat itu, fitur tersebut banyak menerima kritikan dan kecaman dari pengguna. Karena dianggap  tidak dapat diandalkan dan rentan terhadap kerentanan, karena mudah untuk ‘dibodohi’ atau ditipu dengan menggunakan gambar, foto, atau trik lainnya.

Di sisi lain, para pakar menyebut pemidaian iris mata sebagai salah satu bentuk autentikasi biometrik yang paling aman yang saat ini. Pemidaian iris mata dapat digunakan dengan sangat baik di perangkat mobile. Prosesnya memang tidak secepat pemindaian wajah, tapi jauh lebih aman dan akurat.


Sumber: PhoneArena