pulsa-logo

Garap Produksi Massal Display Mikro-LED, Apple Gandeng TSMC


Galing

Selasa, 21 November 2017 • 11:38

Apple, TSMC, Layar OLED Apple, Layar Micro-LED, Layar Micro-LED Apple, Apple Kembangkan Teknologi Layar Baru, Apple Kembangkan Teknologi Layar Anyar


Foto: MacRumorsFoto: MacRumors

Apple dikabarkan saat ini tengah bekerja sama dengan pemasok komponen display yang berbasis di Taiwan, yakni  Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk memecahkan masalah risiko kekurangan komponen layar dan mencegah timbulnya masalah produksi panel Micro-LED. Apple berkolaborasi dengan TSMC untuk mengembangkan produksi display Micro-LED yang berbasis silikon. Hal ini amat perlu dilakukan oleh Apple yang bertujuan untuk menghindari hambatan yang terjadi dengan perpindahan massal ke chip LED.

 

Begitu display Micro-LED diproduksi massal dengan harga yang lebih terjangkau, maka display tersebut kabarnya akan langsung digunakan di perangkat Apple masa depan. Penggunaan Micro-LED buatan TSMC kemungkinan akan dimulai paling cepat pada tahun 2019. Kabarnya ia akan muncul pada Apple Watch generasi terbaru mendatang.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa Apple saat ini tengah mengurangi tim penelitian dan pengembangan display micro-LED miliknya yang ada di sebuah laboratorium yang berlokasi di Taiwan Utara. Upaya yang mereka tempuh saat ini tidak berarti bahwa Apple telah menunda atau menghentikan pengembangan teknologi display lainnya. Selain bekerja dengan TSMC, ada kemungkinan Apple memanggil kembali sebagian besar tim penelitian Micro-LEDnya ke kantor pusatnya di Amerika Serikat.

 

Minat Apple terhadap Micro-LED sebenarnya muncul sejak akhir tahun 2015, ketika diketahui bahwa perusahaan tersebut secara diam-diam membuka laboratorium di Taoyuan, Taiwan yang didedikasikan untuk pengembangan teknologi display seperti OLED dan Micro-LED yang akan digunakan pada perangkat buatan mereka kedepannya.  Perlu Anda ketahui, layar OLED hingga saat ini merupakan teknologi yang banyak diadopsi oleh Apple Watch dan iPhone X. Tidak mengherankan bila sang vendor terus berupaya untuk mengembangkan teknologi layar yang canggih untuk perangkat masa depannya. 

 


Jauh sebelum menggandeng TSMC untuk menggarap Micro-LED, Apple mengakuisisi pabrikan pembuat display Micro-LED bernama  LuxVue Technology pada tahun 2014. Beberapa orang pegawainya saat ini boleh jadi merupakan bagian dari tim riset Micro-LED Apple, di samping mantan karyawan AU Optronics dan anak perusahaan Qualcomm SolLink).

Lalu apa istimewanya Micro-LED hingga Apple terkesan “ngotot” ingin mengembangkan jenis layar ini? 

 

Display Micro-LED memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan display OLED. Ia dikabarkan memiliki tingkat akurasi warna, rasio kontras, waktu respons, dan saturasi warna hitam yang jauh lebih baik ketimbang LCD. Micro-LED juga memiliki gradasi warna yang  lebih tipis, lebih terang dan lebih hemat energi dibanding OLED. Display Micro-LED juga memiliki LED berbasis nitrida anorganik, yang memiliki umur lebih panjang daripada senyawa organik yang digunakan pada display OLED. (Nariswari/Galing)

 

Sumber: 1, 2