pulsa-logo

Fitur FaceID Bisa Untuk Otentifikasi Apple Pay


Fauzi

Selasa, 21 November 2017 • 15:03

Apple Pay


Fitur FaceID di iPhone X, Image Source: Apple.comFitur FaceID di iPhone X, Image Source: Apple.com

Sejak diluncurkan pertama kali bersamaan dengan iOS 8.0, Apple Pay diharapkan dapat menjadi layanan pembayaran mobile yang memungkinkan kita melakukan pembayaran di ritel dan transaksi secara online. Hal ini dimaksudkan untuk mendigitalkan dan mengganti transaksi konvensional dari uang biasa dan kartu kredit atau kartu debit, kemudian beralih ke alternatif pembayaran yang lebih modern dan praktis dengan menggunakan Apple Pay.

Layanan Apple Pay ini memungkinan perangkat Apple untuk tersambung dengan sistem penjualan yang menggunakan chip NFC (Near Field Communication), yaitu sebuah chip khusus yang akan menyimpan informasi pembayaran yang terenkripsi, yakni TouchID, dan Passbook milik Anda. Namun sejak Apple memperkenalkan sistem otensifikasi baru, yakni pemidaian wajah 3D yang dinamakan FaceID  yang perlahan menggeser sistem otentifikasi TouchID, banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana Apple Pay akan dapat bekerja tanpa tombol Home yang difungsikan sebagai panel TouchID?

Keresahan ini mulai timbul menjelang peluncuran iPhone X, yang merupakan iPhone edisi khusus ulang tahun ke-10 iPhone yang dibekali dengan fitur pemindaian wajah 3D menggunakan kamera True Depth yang disebut dengan FaceID. Pengguna iPhone X bertanya-tanya bagaimana Apple Pay akan bekerja tanpa tombol Home Touch ID untuk mengkonfirmasikan pembayaran.

Namun sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple akan menggunakan proses otentifikasi Apple Pay sebagai sistem pembayaran.

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Untuk menggunakan Apple Pay pada iPhone X, tentu saja pengguna harus menginstal Apple Pay dengan  memasukkan kartu kredit atau debit di aplikasi Wallet. Saat berada di toko online atau toko  yang menerima pembayaran melalui Apple Pay, proses Apple Pay lebih kurang sama dengan Touch ID, namun beberapa hal memang berbeda.

Saat pengguna siap untuk check out, tekan tombol samping pada iPhone X dua kali untuk membuka kartu default Apple Pay dan mengotentikasi dengan ID Wajah. Kemudian pegang iPhone X ke modus reader, untuk mengkonfirmasi pembayaran.


Lalu klik dua kali untuk membuka aplikasi Wallet yang harus diaktifkan secara default, namun jika tidak, pengguna dapat mengaktifkannya dengan membuka Setting > Wallet> Apple Pay> Toggling pada opsi Double-Click. Ini adalah fitur yang ingin diaktifkan jika pengguna menggunakan Apple Pay, karena mempercepat proses checkout.

Tanpa proses  klik dua kali tersebut, pengguna harus men-hold iPhone  yang dilengkapi dengan koneksi NFC untuk membuka antarmuka Apple Pay sebelum mengkonfirmasi dengan FaceID.

Sebenarnya, proses otentifikasi FaceID di iPhone X pada dasarnya cepat dan mudah untuk menggunakannya. Sama saja dengan TouchID, terutama setelah pengguna terbiasa dengan cara kerjanya. Namun memang perlu dimaklumi dengan kekhawatiran pengguna jika menggunakan otentifikasi FaceID untuk Apple Pay. Selain belum terbiasa, teknologi baru FaceID masih diragukan keamanannya.

Sumber: Macrumors