Atrk
ads skin gagal

Diam-diam Menginstal Aplikasi Tanpa Izin Pengguna, Huawei Akui Salah

  • Nariswari
  • Tuesday, 21 November 2017 19:03
  • Published in News
 
Foto: TelegizFoto: Telegiz
 
Sejumlah pengguna Huawei telah melaporkan bahwa ponsel mereka tiba-tiba menginstal sebuah aplikasi tanpa izin. Aplikasi pengeditan video bernama GoPro Quik dari GoPro ini ditemukan pada beberapa pengguna sebagaimana dilaporkan oleh Android Planet pada hari Jumat pekan lalu(17/11).
 
Kabarnya, masalah ini diadukan oleh beberapa pengguna smartphone Huawei yang berdomisili di  Belanda. Namun ada kemungkinan Belanda bukan satu-satunya negara yang menghadapi masalah ini, dengan beberapa  laporan muncul juga dari negara lain di kawasan Eropa.
 
Aplikasi GoPro Quik adalah versi re-brand dari GoPro Replay yang diluncurkan di Google Play Store pada tahun 2016. Aplikasi  ini pada dasarnya adalah tools  untuk pengeditan video dan gambar bergerak yang dapat diunduh secara  gratis. Di dalamnya, pengguna dapat menambahkan teks, filter warna, memberikan modus  gerakan lambat, dan efek kecepatan (speed motion). Aplikasi ini juga dilengkapi alat animasi transisi yang secara otomatis menyinkronkan klip dengan  irama lagu yang jadi lagu latar video.
 
Menanggapi keluhan tersebut, Huawei pada akhirnya mengakui salah. Lewat pernyataan terbuka, perusahaan tersebut telah meminta maaf dan mengatakan bahwa pihak pengembang tengah mempelajari masalah ini. Guna mengatasi persoalan ini, pihak perwakilan Huawei menyarankan agar pengguna yang terkena dampak tersebut  untuk segera melakukan reset atas aplikasi dimaksud dan melakukan proses uninstalasi sesudahnya. 
 
Adapun beberapa perangkat yang diketahui mengalami dampak instalasi “diam-diam” ini adalah Huawei Mate 10 Pro dan Honor 9. (Nariswari/Galing)
 
Sumber: 1, 2, 3
Rate this item
(0 votes)