pulsa-logo

Smartphone 'BM' Kembali Serbu Pasar, Ini Daftarnya!


Deni Hardian

Rabu, 22 November 2017 • 10:23


Foto: LG V30 - LG Electronics IndonesiaFoto: LG V30 - LG Electronics Indonesia

Pasar ponsel tanah air tercatat mulai kebanjiran smartphone premium bergaransi resmi, diantaranya ada Samsung Galaxy Note8 dan iPhone X. Meski begitu, produk-produk bergaransi tidak resmi (BM) pun nyatanya tetap merajai pusat-pusat penjualan ponsel di tanah air maupun di situs jual beli online. Ini tentu saja menjadi peluang menarik para distributor produk BM untuk terus mengeruk keuntungan.

Apalagi, proses regulasi yang agak sulit, memaksa para distributor resmi sedikit keteteran menyiapkan perangkat premiumnya untuk masuk ke Indonesia. Tidak demikian dengan para penjual ponsel "nakal". Dengan sedikit trik yang dilakukan, para penjual ponsel BM dapat dengan mudah memasukkan ponsel premium asal luar negeri untuk di jual di Indonesia.

Baca juga: 9 Cara Supaya WhatsApp Anda Lebih Aman

Kehadiran smartphone premium bagi konsumen tentunya menjadi berkah untuk dan penjual ponsel tanah air. Namun, simbiosis mutualisme ini tentunya menjadi solusi praktis bagi konsumen untuk mendapatkan smartphone idamannya. Di sisi lain, penjual juga meraup rupiah yang cukup banyak dengan penjualan smartphone tersebut. Tak lagi secara diam-diam, para penjual smartphone BM banyak yang melakukan transaksi secara terang-terangan dengan menggandeng toko online ternama tanah air seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Saat ini, tercatat ada 3 vendor smartphone premium yang produk BM-nya masuk di pasaran tanah air. Ada Xiaomi, OnePlus dan LG. Untuk harga jualnya, smartphone premium besutan Xiaomi yang paling ramah dikantong, sedangkan yang paling mahal diwakili oleh LG Mobile dengan smartphone premium terbarunya yang bernama LG V30.

Berapa harga dan fitur apa saja yang ditawarkan smartphone premium yang beredar hingga diminati oleh konsumen tanah air? Penasaran, simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. LG V30


Rp 12.000.000

Meski sudah lama diluncurkan dan diedarkan secara global, belum ada titik terang apakah smartphone premium terbaru LG ini akan beredar di Indonesia. Namun bagi anda yang menginginkan smartphone terbaru LG secara lebih cepat, sudah banyak para penjual ponsel yang bernaung di Tokopedia dan Bukalapak yang menjual perangkat ini. Untuk harganya cukup "Woow", LG V30 dijual dengan harga mulai 11 juta-an hingga 13 juta rupiah. Sebuah harga yang cukup tinggi, meski memiliki harga yang tinggi LG V30 menawarkan beragam fitur dan spesifikasi yang luar biasa untuk ponsel premium saat ini.

Didedikasikan untuk pecinta ponsel yang gemar melakukan aksi fotografi dan multimedia LG V30 hadir dengan fitur kamera yang canggih dikelasnya. LG V30 memiliki dua kamera utama, kaliber 16MP yang ditemani oleh lensa wide -angle 13MP. Uniknya, V30 memiliki aperture f / 1.6 (terbesar di kelasnya), hadir pula fitur Graphy, yang memungkinkan anda meniru gaya fotografer favorit Anda dalam gambar Anda.

Berdisain bezel-less yang kekinian, V30 terlihat lebih ramping, berkat kaca depan dan belakangnya yang melengkung, dipadukan dengan bingkai logam berkilap. Tapi V30 lebih dari sekedar penampilan dan ditumpuk dengan teknologi terbaru pada layar, kamera juga audio.

LG V30 terlihat mencolok dengan layar 18: 9, "FullVision" -nya, yang nyaris tidak terlihat sama sekali bezel di sekitarnya. Layar V30 mengandalkan panel OLED yang memiliki pixel yang padat dengan resolusi 1440x2880 dan mampu menghadirkan sekitar 564ppi. V30 memamerkan DAC Hi-Fi yang digadang-gadang oleh LG sebagai game-changer untuk pecinta musik. Dikembangkan dalam kemitraan dengan Teknologi ESS yang berbasis di California, DAC Quad D-Class Advanced dari V30 memperkenalkan fitur seperti filter digital dan preset suara, memungkinkan pengalaman yang lebih dapat disesuaikan, dan suara berkualitas tinggi dan jernih bahkan dengan headphone "biasa".

LG juga melanjutkan kolaborasi dengan B & O Play (sebuah perusahaan Bang & Olufsen), yang ditugaskan untuk menyempurnakan keseluruhan pengalaman suara V30. Terakhir, sebagai sebuah flagship kekinian, LG V30 menawarkan CPU Shapdragon 835 on board besutan Qualcomm serta didukung oleh RAM 4GB dan baterai 3.300 mAh. LG V30 yang tersedia dipasaran dibekali dengan memory internal sebesar 64GB dan RAM 4GB.

2. Xiaomi Mi Note 3 4GB/64GB

Rp 5.000.000

Ponsel pintar besutan Xiaomi ini hadir dengan menggunakan SoC Snapdragon 660. Dipasaran, Xiaomi Mi Note 3 hadir dalam versi memory internal 64GB dan dibekali dengan RAM sebesar 6GB. Dibagian fotografi, perangkat ini mengadopsi Dual Camera belakang dengan resolusi masing-masing 12 megapiksel. Menariknya, kamera ganda di ponsel ini ternyata disokong dengan lensa wide angle (bersudut lebar) dan lensa telephoto (lensa tele), dan memungkinkan pengguna menjepret foto dengan background ngeblur (bokeh).  

Foto: Xiaomi Mi Note 3 - Mi.comFoto: Xiaomi Mi Note 3 - Mi.com

Sementara bagian depan, Xiaomi Mi Note 3 menanamkan kamera beresolusi 16 megapiksel yang mampu menangkap cahaya untuk meredam noise. Fitur Beautify yang tertanam juga mengalami peningkatan fitur dimana kamera depan yang tertanam telah didukung algoritma AI untuk selfie yang lebih natural. Mi Note 3 juga memiliki sistem pengenalan wajah berbasis AI yang memungkinkan pembukaan kunci smartphone hanya dengan mengambil foto selfie. Untuk mendukung aktivitasnya, ponsel berlayar 5.5 inci ini disokong baterai berkapasitas 3500 mAh yang didukung dengan pengisian baterai cepat berteknologi Quick Charge 3.0.

3. OnePlus 5 6GB/64GB

Rp 6.500.000

OnePlus 5 8GB/128GB

Rp 7.500.000

OnePlus 5 hadir dengan balutan desain yang menyerupai smartphone besutan Apple yakni Apple iPhone 7 Plus. Dibagian layarnya, perangkat ini mengadopsi panel layar AMOLED berukuran 5,5 inci dengan resolusi full HD. Tertanam pula sensor pemindai sidik jari serta dukungan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang diklaim akan mendapatkan update OS berikutnya. Nilai tambah lainnya, perangkat ini memiliki dukungan jaringan 34 band yang memungkinkan perangkat ini mendukung jaringan 4G LTE hampir di semua negara.

Foto: OnePlus 5 Press ImageFoto: OnePlus 5 Press Image

Masuk ke sektor dapur pacunya, OnePlus 5 mengadopsi chipset keluaran Qualcomm dengan tipe Snapdragon 835. Chipset yang tertanam ini dikombinasikan dengan pilihan RAM 6GB/64GB memory internal dan 8GB dengan memory internal 128GB. Selain dibekali dengan dukungan chipset yang bertenaga, OnePlus 5 juga memiliki keunggulan dari sisi kamera yang ditanamkan. OnePlus 5 hadir dengan dukungan dual-kamera belakang dengan resolusi 16 megapiksel f/1.7 dan 20 megapiksel f/2.6 telephoto serta dukungan dual-tone LED flash dan autofocus cepat. Sementara itu, untuk mengakomodasi kebutuhan selfie, telah tertanam sensor kamera beresolusi 16 megapiksel.

Smartphone dengan ketebalan body hanya 7.25mm ini hadir dengan baterai berkapasitas 3300 mAh yang dikombinasikan dengan fitur Dash Charge yang merupakan fitur pengisian baterai cepat yang diklaim memiliki kecepatan pengisian daya lebih cepat dibandingkan dengan Samsung Galaxy S8. Uniknya lagi, OnePlus 5 masih setia membenamkan port audio 3,5mm untuk mengakomodasi pecinta musik.

Tertarik? (Dn/Udn)