pulsa-logo

Paten Oppo Ungkap Desain Layar Penuh Mirip iPhone X


Galing

Kamis, 23 November 2017 • 10:52

Paten Oppo, Desain Layar Penuh, Apple, Oppo, iPhone X, iPhone


Foto: GizChinaFoto: GizChina

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tidak heran dengan judul di atas. Karena memang faktanya  desain layar penuh (full-screen display) menjadi trend  di smartphone kekinian di 2017. Namun layar ini mengacu pada desain, bukan pada jenis penggunaan layar. Sejauh ini, paling tidak sudah ada beberapa handset global yang menerapkan desain layar penuh. 

 

Xiaomi Mi MIX / MIX 2, Xiaomi Mi MIX 2S , Samsung Galaxy S8 yang hadir dengan bagian atas dan bawah layar smartphone yang sangat tipis, dan estetikanya makin ditingkatkan dengan  desain layar melengkung. Adapun iPhone X hadir dengan layar 'poni', yang berarti ada ruas bodi yang agak menjulur di layar bagian atasnya. 

 

Sementara itu di Tiongkok sudah banyak sekali pabrikan yang telah merilis pula smartphone dengan desain layar penuh berukuran rata-rata 6 inci dengan aspek rasio 18: 9. Laporan terbaru bahkan menyebutkan bahwa Oppo saat ini tengah berupaya mematenkan desain layar penuh garapannya sendiri. 

 

Kabar ini bermula dari  bocoran sketsa yang  beredar luas di Weibo, yang menyebutkan bahwa Oppo ingin mematenkan desain layar penuh yang terlihat seperti layar iPhone X. 


 

Aplikasi paten ini diajukan pada tanggal 9 Januari 2017,  sedangkan tanggal pengumuman resmi dari paten ini  adalah 29 September 2017. Entah apa yang mendorong Oppo untuk mematenkan desain layar penuh ini. Namun ada dua asumsi yang kemudian berkembang. Pertama, Oppo  telah merencanakan untuk meluncurkan smartphone dengan layar penuh ini guna bersaing secara langsung menghadapi iPhone X. Sementara itu asumsi kedua adalah Oppo saat ini sedang menggarap atau masih mengembangkan handset yang akan menampilkan desain layar penuh dalam paten dimaksud. 

 

Tentu saja, aplikasi paten ini tidak berarti sang vendor akan segera meluncurkan perangkat dengan desain layar seperti itu. Namun strategi bisnis dari perusahaan ini tampaknya telah memperkirakan soal keuntungan yang mungkin bisa dicetak bila desain seperti ini jadi direalisasikan. Mengingat desain ini  diprediksi akan menjadi trend di smartphone high-end generasi mendatang. (Nariswari/Galing

 

Sumber: GizChina