pulsa-logo

Tiongkok Hapus Skype dari App Store, Ada Masalah Apa?


Galing

Kamis, 23 November 2017 • 16:56

Skype, Skype Dihapus, Skyp di Tiongkok, Skype di China, Skype Disensor, Microsoft


Foto: HindustanTimesFoto: HindustanTimes

 

Skype, yang merupakan aplikasi panggilan telepon VoIP dan layanan messaging milik Microsoft Corp, secara mengejutkan tiba-tiba telah dihapus dari toko aplikasi Apple yakni Apps Store di Tiongkok sejak hari Selasa dini hari (21/11) kemarin. Waduh, ada apa gerangan?

 

Apple, menanggapi pertanyaan dari banyak pihak tentang hilangnya aplikasi  Skype, Selasa malam dan mengatakan bahwa mereka memang telah menghapus beberapa aplikasi panggilan telepon berbasis internet (VoIP) dari App Store. Hal ini mereka lakukan setelah pemerintah negara tersebut mengatakan bahwa aplikasi dimaksud telah melanggar undang-undang setempat. 

 

"Kami telah diberitahu oleh Kementerian Keamanan Publik (Pemerintah Tiongkok) bahwa sejumlah aplikasi Voice over Internet Protocol atau VoIP  tidak mematuhi undang-undang setempat, oleh karena itu aplikasi ini telah dihapus dari App Store di wilayah tersebut." ujar seorang juru bicara Apple kepada Reuters.  Meski demikian Apple menegaskan bahwa aplikasi ini tetap akan tersedia di negara lain di luar Tiongkok. 

 


Seperti Anda ketahui, Pemerintah negeri berpenduduk terbesar di dunia tersebut akhir-akhir ini telah meningkatkan pengawasan atas aplikasi internet yang beredar di negara tersebut. Tahun ini mereka telah memerintahkan perusahaan untuk menghapus ratusan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara rahasia atau menggunakan media sosial luar negeri. (Nariswari/Galing)

 

Sumber: HindustanTimes