pulsa-logo

Atasi Masalah Keamanan, Samsung Rilis Update untuk Galaxy S8 dan S8 Plus


Galing

Jum'at, 24 November 2017 • 20:13

Samsung, Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy S8+, Samsung Galaxy S8 Plus


Foto: PULSAFoto: PULSA

 

Samsung akhirnya merilis update keamanan (security patch) bulan November untuk dua perangkat jagoannya yang dijanjikan bakal memperbaiki celah keamanan pada koneksi Wi-Fi perangkat. Seperti yang dilansir oleh Sammobile, masalah keamanan yang dijuluki sebagai kerentanan Krack Wi-Fi ini sejatinya menimbulkan dampak pada seluruh perangkat Android yang menggunakan protokol keamanan Wi-Fi WPA2.

 

Para peneliti mengungkapkan bahwa perangkat yang mendukung protokol keamanan ini akan membuat koneksi antara PC dengan access point menjadi rentan untuk dibobol. Kerentanan ini membuka kemungkinan peretas untuk melakukan serangan yang bertujuan untuk mengintip lalu lintas data yang terjadi antara keduanya.

 

Sejak kerentanan Krack Wi-Fi ini dibeberkan di internet, pengguna perangkat yang terkena dampak menderita risiko jadi korban pencurian data atau injeksi kode ransomware. Namun begitu risiko keamanan yang dikabarkan ini agaknya jarang dimanfaatkan oleh para peretas sehingga tidak menimbulkan dampak yang meluas.

 


Update terkini security patch dari Samsung ini kabarnya sudah mulai menyambangi pengguna Galaxy S8 dan S8 Plus di Belanda. Datang dengan build number G950FXXU1AQK7, ia juga membawa 61 perbaikan keamanan lainnya untuk Android serta menambal enam kerentanan yang menimpa perangkat Samsung dengan total ukuran hingga mencapai 545MB. (Galing)

 

Sumber: 1, 2, 3