pulsa-logo

Salip Xiaomi Mi A1, Dua Perangkat Nokia ini Segera Dapatkan Android Oreo?


Galing

Senin, 27 November 2017 • 10:39

Xiaomi, Nokia, HMD Global, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 8, Android Oreo, Update Android Oreo Xiaomi Mi A1, Update Android Oreo Nokia


Nokia 3 (Foto: PULSA)Nokia 3 (Foto: PULSA)

 

Chief Procurement Officer HMD Global, Juho Sarvikas baru saja mengkonfirmasi bahwa pengujian beta Oreo untuk smartphone Nokia 6 dan Nokia 5 buatan sang vendor akan segera dimulai. Kabar ini datang tak lama sesudah perusahaan tersebut meluncurkan pembaruan Android Oreo untuk Nokia 8. Meski saat ini tidak ada informasi mengenai kapan tepatnya Nokia 5 dan 6 akan menerima update dalam bentuk Beta, namun informasi ini setidaknya memberikan harapan kepada banyak pengguna kedua smartphone tersebut soal realisasi janji HMD Global sebelumnya yang akan memboyong Android Oreo ke seluruh perangkat garapannya sebelum tahun 2017 berakhir.

 

Ironisnya, perangkat Android One besutan Xiaomi berjuluk Mi A1 hingga kini justru belum menerima update serupa. Setelah disalip oleh Nokia 8, smartphone dengan platform Android murni ini hingga kini masih belum menerima konfirmasi apapun terkait jadwal pembaruan Android Oreo selain hanya menegaskan bahwa ia akan hadir sebelum akhir tahun 2017. Sementara itu seperti dilansir oleh Android Central, pembaruan sistem operasi pada Mi A1 tidak akan ditangani langsung oleh Google.

 

Alasan dibalik itu adalah karena M1 A1 yang menggunakan formasi kamera ganda memiliki aplikasi pengolahan fotografi sendiri yang berbeda dengan aplikasi bawaan Google. Konsekuensinya, pihak Xiaomi selaku pabrikan harus melakukan pengujian terlebih dulu untuk memastikan kompatibiltasnya dengan sistem operasi Android anyar garapan sang raksasa mesin pencarian dunia tersebut. (Galing)

 


Sumber: 1, 2, 3