pulsa-logo

FaceID Tidak Aman untuk Transaksi Pembayaran?


Galing

Selasa, 28 November 2017 • 10:17

FaceID, Apple, iPhone X, Keamanan Face ID, Apple Pay, Face ID untuk Apple Pay, Face ID Tidak Aman


Foto: Bkav via PhoneArenaFoto: Bkav via PhoneArena

 

Di awal bulan ini, jika Anda masih ingat ada firma keamanan yang berbasis di Vietnam  bernama  Bkav yang telah berhasil mengembangkan topeng yang dapat  membobol  autentikasi FaceID di iPhone X. Pada pagi ini (28/11) Bkav mengatakan bahwa FaceID belum siap untuk digunakan sebagai alat untuk autentikasi pembayaran. 

 

Bkav mengatakan bahwa mereka mengembangkan topeng yang memungkinkan pengguna untuk mengelabui sistem pengenalan wajah Apple tersebut. Perusahaan keamanan tersebut merekomendasikan agar pengguna iPhone X tidak menggunakan Face ID untuk memverifikasi identitas mereka dalam transaksi keuangan apapun. Termasuk tidak menggunakan sistem pengenalan wajah dengan Apple Pay.

 

Bkav sangat percaya bahwa sidik jari adalah perlindungan biometrik terbaik sejauh ini yang dapat digunakan pada perangkat mobile. Hal itu bertentangan dengan pernyataan Apple yang mengatakan  bahwa hanya ada 1 dari 1 juta kemungkinan bahwa Face ID bisa dibobol di iPhone X oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Pada saat yang sama, Apple mengatakan bahwa kemungkinan Touch ID yang berbasis  pemindaian fingerprint bisa dibobol dengan probabilitas 1 dari 50.000. 

 


Namun Bkav mencatat bahwa mengumpulkan sidik jari jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan mengambil  foto diam-diam dari kejauhan, yang merupakan salah satu persyaratan yang diperlukan untuk membuat  topeng untuk mengelabui FaceID.

 

Topeng yang dibuat oleh Bkav  dijual dengan cukup terjangkau yakni sekitar USD $ 200 (setara Rp. 2,6 jutaan).  Topeng ini terbuat dari bubuk batu yang dibangun, didesain  dan dibangun menggunakan teknologi  2D. Periset Bkav mengatakan bahwa topeng  3D itu mudah dibuat tanpa sepengetahuan pemilik iPhone X. 

 

Menurut Vice  Presiden  Cyber Security Bkav, Ngo Tuan Anh menyarankan supaya para pengguna iPhone X yang menduduki posisi  yang sangat penting seperti pemimpin nasional, pemimpin perusahaan besar, milyarder, dan lain-lain agar lebih berhati-hati saat menggunakan Face ID. 

 

Hasil penelitian ini sekaligus jadi peringatan bagi semua pengguna  iPhone X dan generasi perangkat Apple terbaru yang akan memiliki FaceID, untuk tidak menggunakan pemindaian wajah untuk melakukan transakasi pembayaran apapun.  Sayangnya, sejauh ini pihak Apple belum memberikan konfirmasi apapun terkait dengan  keterangan Bkav yang “menyentil” FaceID tersebut. (Nariswari/Galing)

 

Sumber: PhoneArena

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42