pulsa-logo

DOKU dan UOB Indonesia Luncurkan E-Payroll untuk UKM


Arief Burhanuddin

Selasa, 28 November 2017 • 19:26


kiri-kanan) Richmond Aldien – Senior Vice President of Consumer Product DOKU, Denny Setiawan Hanubrata

PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) dan DOKU – perusahaan penyedia layanan pembayaran elektronik - hari ini meluncurkan solusi e-Payroll atau pembayaran gaji karyawan berbasis aplikasi untuk para Usaha Kecil Menengah (UKM) yang merupakan nasabah UOB. Solusi e-Payroll ini mempercepat waktu yang dibutuhkan dalam proses pembayaran gaji.  

Peluncuran ini merupakan yang pertama kalinya dimana bank bermitra dengan perusahaan teknologi finansial (Financial Technology – FinTech) lokal untuk menawarkan solusi ePpayroll bagi perusahaan-perusahaan UKM di Indonesia. Kerja sama ini akan menyederhanakan proses pembayaran antara bank, perusahaan UKM, serta para karyawan mereka dengan memangkas waktu proses pembayaran gaji dari tiga menjadi satu hari.  

Denny Setiawan Hanubrata, Head of Business Banking UOB Indonesia mengatakan,”UKM Indonesia pada umumnya adalah perusahaan keluarga dengan akses terbatas ke jaringan-jaringan industri, pengetahuan keuangan, dan keahlian manajemen terkini.  Karena 53 juta UKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia dan penyedia utama lapangan kerja, UOB Indonesia berkomitmen tinggi untuk membantu mereka mengelola operasional secara lebih efisien dan efektif, sehingga mereka dapat mengembangkan bisnis dengan lebih baik. Dengan kemitraan UOB Indonesia dan DOKU, para nasabah UKM dapat mengambil manfaat dari solusi digital kami.”

Denny juga mengatakan bahwa 62 persen dari UKM membayar gaji karyawan mereka dengan menggunakan metode manual yaitu dalam bentuk tunai atau melalui rekening-rekening bank para karyawan.[1]

“Proses pembayaran gaji yang dilakukan sekarang dapat memakan waktu selama tiga hari kerja sejak awal proses pembayaran gaji dimulai hingga gaji diterima di rekening karyawan. Dengan menggunakan solusi UOB-DOKU e-Payroll ini, UKM dapat menikmati proses yang lebih sederhana dan efisien untuk membayar gaji karyawan mereka. Sementara, para karyawan mereka dapat menikmati manfaat dari akses yang lebih cepat ke gaji mereka,” kata Bapak Denny.


Sementara itu, Richmond Aldien, Senior Vice President Consumer Product DOKU mengatakan, “Kami menyambut baik kerja sama dengan UOB Indonesia karena menilai keduanya memiliki komitmen yang sama dalam terus berupaya memberikan solusi berbasis teknologi digital bagi masyarakat. Kerja sama ini akan memberikan layanan pembayaran elektronik yang dapat diandalkan bagi lebih banyak nasabah UKM dan karyawan mereka.”

"Para karyawan dari nasabah UKM UOB Indonesia akan lebih mudah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan mulai dari transfer antar bank, transfer antar pengguna DOKU e-Wallet, pembayaran tagihan, pembelian pulsa telepon genggam, berbelanja di ribuan merchant DOKU e-Wallet, serta penarikan uang tunai di jaringan supermarket Alfa Group[2] di seluruh Indonesia,” kata Richmond.

Sejak diluncurkan pada tahun 2007, DOKU terus menambah jumlah mitra demi tercapainya misi untuk senantiasa menjadi perusahaan pembayaran elektronik terdepan yang memainkan peranan penting dalam memajukan ekonomi digital Indonesia.

Bagi para nasabah UKM UOB Indonesia, nasabah harus memiliki dana yang mencukupi di DOKU e-Wallet korporasi, sesuai dengan dana yang akan ditransfer ke para karyawan. Kemudian, nasabah harus memasukan (upload) data para karyawan dan gaji mereka ke dalam portal DOKU sebelum melakukan transfer ke karyawan.UOB Indonesia akan terus memperluas kemitraan strategisnya dengan perusahaan-perusahaan FinTech lainnya dalam upaya untuk menawarkan berbagai solusi digital yang memberikan tingkat kenyamanan lebih tinggi bagi UKM dan mendukung efisiensi bisnis mereka.