pulsa-logo

Google Garap AI untuk Mendeteksi Pengintip Layar Ponsel


dian iskandar

Rabu, 29 November 2017 • 00:16

AI,Artificial Intelligent,kecerdasan buatan,google


image source: Phonearenaimage source: Phonearena

Periset Google telah mengembangkan aplikasi yang bisa mengingatkan Anda saat ada orang asing yang sedang mengintip layar Anda. "Pelindung layar elektronik", seperti yang disebut oleh penemu Florian Schroff dan See Jung Ryu, akan dipresentasikan pada konferensi Neural Information Processing Systems (NIPS) yang akan diadakan di California minggu depan.

Apa  yang dimaksud dengan “Pelindung layar elektronik" dan bagaimana cara kerjanya? Singkatnya, itu adalah aplikasi perangkat lunak yang menggunakan pembelajaran mesin dan kamera depan ponsel untuk memindai wajah. Jika aplikasi tersebut mendeteksi seseorang yang bukan pemiliknya dedang menatap layar, maka aplikasi itu akan memperingatkan pengguna bahwa saat itu privasi mereka telah dilanggar.

Seperti yang dapat Anda lihat dari video demo, perangkat lunak tersebut berulang kali menyela percakapan Google Hangouts saat menangkap seseorang yang sedang mengintip dari balik bahu sang pemilik. Ternyata, sistem ini bisa mendeteksi tatapan hanya dalam 2 milidetik sedangkan pengenalan wajah membutuhkan sekitar 47 milidetik.

Para periset mengatakan bahwa pelindung layar elektronik bekerja dengan baik meski dalam berbagai kondisi pencahayaan dan dapat mendeteksi beberapa pose kepala. Meskipun fitur ini mungkin tampak hebat dan bisa masuk kandidat sebagai fitur utama pada versi Android berikutnya, tapi tampaknya ini lebih merupakan proyek eksperimental. (*)

Sumber: NIPS via Digital Trends via Phonearena