pulsa-logo

Xiaomi Redmi 5, Akan Usung Layar 18:9 dan Ini Kisaran Harganya


Fauzi

Rabu, 29 November 2017 • 17:49

Xiaomi Redmi 5


Image: China Telecom via GizmoChina Image: China Telecom via GizmoChina

Bila saat ini Xiaomi hanya memiliki Mi Mix 2 sebagai smartphone berlayar 18:9 besutannya, ke depan vendor asal Tiongkok ini bakal memiliki perangkat lain yang datang dengan konsep layar yang serupa.

Adalah Redmi 5, smartphone Xiaomi berikutnya yang digadang bakal datang mengusung layar dengan aspek rasio 18:9.  Menariknya, sosok maupun bocoran dari Redmi 5 pun sudah mencuat sejak beberapa waktu lalu.

Sebagaimana tertuang di laman GizmoChina, Xiaomi Redmi 5 yang penampakan muncul merupakan varian gold. Desain smartphone ini disebut tidak terlalu jauh berbeda bila dibandingkan dengan REdmi Note 4X. Perubahan utama terlihat pada bagian depan di mana Redmi 5 terlihat hanya menyisakan area bezel yang sedikit lebih sempit, pengaruh dari konsep layar penuh yang diusungnya.

Selain itu, seperti smartphone Xiaomi lainnya, Redmi 5 juga akan memiliki IR blaster yang terletak di bagian atas berdampingan dengan audio jack. 

Adapun untuk layarnya sendiri, smartphone ini bakal menyajikan ukuran 5.7 inci (1440 x 720 piksel). Di sektor dapur pacu, Redmi 5 tertulis menancapkan chipset MSM8953 Lite. Dilihat dari nomor seri chipsetnya, sejatinya MSM8953 adalah seri untuk Snapdragon 625, namun kata Lite yang ada di belakangnya memang belum terlalu dikenal. Hanya saja mengingat kecepatan prosesornya 1.8 GHz bukan 2.0 seperti smartphone berchipset Snapdragon 625 lainnya, jadi embel-embel kata Lite nampaknya cukup masuk di akal.

Masih dari spesifikasi pendukung performa, Redmi 5 akan dibekali RAM 4GB dan memori internal 64GB yang bisa diperluas via kartu microSD hingga 128GB.

Dari sektor alat pengabadi momen Xiaomi Redmi 5 bakal mengusung kamera belakang 12MP dan kamera depan 5MP. Smartphone ini juga support dual-SIM namun tidak disebutkan apakah Xiaomi menyediakan tiga slot di mana satu di antaranya adalah untuk microSD seperti hanya Redmi Note 5A atau justru mengadopsi slot SIM hybrid.Untuk sistem operasinya, Xiaomi Redmi 5 dikatakan bakal menjalankan MIUI 8.5.1.1 bukan MIUI 9 berbasis Android 7.1.2 Nougat. Untuk menyuiplai daya, smartphone ini juga akan ditenagai oleh 3300mAh.


Berdasarkan bocoran yang diungkap oleh 'orang dalam' di Taiwan ODM Inventec, Redmi 5 akan dijual setara 212 USD (Rp2,8 juta-an). Selain itu, smartphone juga dikatakan bakal diedarkan ke pasar pada 10 Desember nanti.

Sumber: GizmoChina