pulsa-logo

Mengintip Luna G8, Smartphone Quad Lens Dengan Full View


Aldrin Symu

Rabu, 29 November 2017 • 19:03


Luna hari ini (29/11/2017) mengundang beberapa jurnalis untuk melihat lebih awal Luna G8 yang direncanakan akan hadir 15 Desember nanti. Seperti diketahui, tahun 2017 bisa dibilang sebagai tahunnya dual kamera. Penggunaan kamera ganda pada sebuah ponsel bisa menjadi jawaban untuk mengatasi berbagai keterbatasan pada ponsel dengan kamera tunggal. Kamera ganda menawarkan kemampuan dan kualitas yang lebih baik.

Kendati demikian, masih ada keterbatasan pada kamera ganda ini. “Pada dual kamera, pengguna hanya diberi dua pilihan, apakah lensa gandanya terletak di bagian depan (front) atau belakang (rear). Hal ini menyulitkan konsumen yang menginginkan kualitas kamera yang sama-sama tangguh, baik di depan maupun belakang,” kata Suryadi Willim, Marcomm Manager Luna Smartphone.

Kondisi seperti itu yang menurut Suryadi menjadi penyebab lahirnya inovasi smartphone dengan 4 kamera (quad camera). “Apalagi saat ini sudah ada beberapa produsen yang tengah mengembangkan smartphone dengan 4 kamera, di mana pada tahun 2018 nanti diprediksi akan menjadi trend yang disukai di kalangan konsumen. Termasuk Luna yang menyiapkan produk smartphone untuk yang telah mendukung teknologi canggih empat kamera,” jelas Suryadi.

Produk yang dimaksud adalah Luna G8 di mana smartphone terbaru ini memiliki dua kamera di bagian belakang dengan konfigurasi 13 + 5MP dan dua buah kamera di bagian depan 20 + 8 MP. Dengan smartphone empat kamera seperti ini, tambah Suryadi, pengguna memperoleh keleluasaan yang lebih maksimal dalam melakukan eksplorasi mobile photography. Karena baik kamera belakang untuk memotret pemandangan maupun kamera depan untuk selfie sama-sama berkualitas tinggi.

Di Luna G8, mengambil foto selfie dengan kualitas sempurna bisa dilakukan dengan mudah. Karena telah didukung teknologi canggih pada kamera utama yang menggunakan Sony IMX 376. Sensor kamera dari Sony telah dikenal reputasinya di dunia fotografi dalam menghasilkan gambar yang jernih dan tajam.

Sedangkan kamera sekunder untuk selfie menggunakan jenis lensa wide-angle 120 derajat. Sehingga sudut pandang yang mampu ditangkap oleh kamera menjadi jauh lebih lebar dibanding lensa biasa. Tak perlu lagi membawa tongsis atau selfie stick jika ingin melakukan group selfie bareng teman-teman maupun keluarga.

Sekali lagi, fokus Luna G8 bukan hanya untuk pecinta selfie yang memang dilengkapi dengan kamera powerful, namun kamera belakang juga handal. Ada dua lensa di mana fungsi kamera utama di bagian belakang ini digunakan untuk menangkap hasil yang ingin difokuskan. Sedangkan kamera sekunder di sebelahnya untuk menangkap hasil yang tidak focus/berbayang/blur. Selanjutnya, hasil dari kedua kamera tersebut dikombinasikan untuk menghasilkan gambar dengan efek depth of field atau lebih dikenal dengan sebutan bokeh.


Yang lebih menyenangkan lagi, kamera di Luna G8 dilengkapi dengan fitur yang kaya untuk mendukung penggunanya menghasilkan konten kreatif. Seperti Refocus yang memungkinkan untuk mengubah fokus obyek foto tanpa harus mengulang tangkapan kamera. Cukup dengan mengakses menu di galeri foto dan bisa diubah tingkat blur-nya.

Face Beauty juga telah menjadi fitur dasar yang menghasilkan foto dengan wajah yang lebih cerah dan bersih agar lebih percaya diri ketika dibagikan ke media sosial. Juga fitur profesional yang ingin melakukan konfigurasi kamera manual layaknya kamera DSLR untuk mendapatkan hasil foto lebih optimal. Selain itu, masih banyak fitur lainnya yang mendukung karya kreatif dan produktivitas seperti GIF, Pic Note, Card Scanner, Mood Foto (polaroid), Smart Scan, Text Translation, Backlight.

Tak hanya untuk foto saja, namun bagi konten kreator yang fokus di video seperti YouTubers dan Vloggers, Luna G8 juga dibekali dengan time lapse dan slow motion yang sekarang menjadi teknik favorit videografi. Time lapse membuat video dengan frame yang dipercepat, sehingga menghasilkan sebuah video dalam gerakan yang cepat seperti pergerakan awan atau orang lalu lalang di jalan. Sebaliknya, slow motion menghasilkan video dengan gerak lambat agar bisa mendapatkan detail dari tiap adegan cepat. Misalnya menendang bola, melompat, dan sebagainya.

Full View   

Bagaimana dengan fitur-fitur lainnya di smartphone ini? Teknologi revolusioner yang dikembangkan Luna dengan mengadopsi layar Full View dengan efek ratio yang digunakanya 18 : 9 yang membuat tampilan layar Luna G8 lebih lebar dan lebih Panjang. Layar full view memberi kenyamanan kepada pengguna untuk menampilkan beragam aplikasi atau hasil foto. Suryadi menjelaskan bahwa selain empat kamera yang menjadi fitur unggulan dan layar full view, Luna G8 juga memiliki banyak fitur canggih yang membuatnya sangat cocok dipakai oleh generasi millennial. Harganya pun bakal sangat terjangkau karena dibanderol di bawah 4 juta dengan konsep desain yang juga kekinian. “Luna G8 sangat layak dinantikan untuk menjadi gebrakan Luna smartphone di akhir tahun,” ungkap Suryadi.