pulsa-logo

Samsung Mulai Garap Chipset Baru, Ini Kelebihannya


Galing

Kamis, 30 November 2017 • 10:37

Samsung, Chip Exynos, Chipset Samsung Baru


Foto: GSMArenaFoto: GSMArena

Samsung dikabarkan telah memulai produksi massal chip yang dibangun pada proses 10nm generasi kedua. Teknologi ini sebenarnya adalah penyempurnaan dari chip 10nm yang ada saat ini. Generasi kedua ini kabarnya akan menawarkan kinerja yang 10% lebih tinggi serta penggunaan daya 15% lebih efisien.

Prosesor  generasi  baru ini akan siap untuk diproduksi  massal di awal 2018, sebelum nantinya akan dijalankan di banyak merek smartphone. Chipset yang dihasilkan akan mulai tersedia awal tahun depan dan diprediksi akan diadopsi oleh pabrikan smartphone sepanjang tahun 2018.  

Qualcomm menunjuk TSMC untuk penggarapan prosesor Snapdragon 845, sehingga chip LPP 10nm milik Samsung besar kemungkinan akan diluncurkan sebagai chipset model Exynos

Perusahaan Korea Selatan tersebut memang ingin terus meningkatkan teknologi pembuatan chipsetnya, hingga akhirnya mencapai teknologi  8nm LPP. Tidak cuma itu, raksasa smartphone dunia ini bahkan telah berencana untuk mengambangkan prosesor yang dibangun dengan teknologi  FinFET 7nm yang dibangun dengan teknologi EUV. Pengembangan prosesor ini akan dilakukan di S3 yang merupakan pabrik tempat pembuatan chip 10nm generasi terbaru ini. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2