pulsa-logo

OLED Kuasai 30% Layar Smartphone di Tahun 2018?


Galing

Kamis, 30 November 2017 • 14:29

Smartphone, Layar OLED, Layar Smartphone


Foto: DigitimesFoto: Digitimes

Layar OLED yang merupakan jenis layar yang saat ini  banyak digunakan di smartphone kekinian, makin banyak diadopsi  oleh vendor smartphone ke jajaran produk generasi terbaru mereka. Kabar terbaru menyebutkan bahwa  tingkat penetrasi panel OLED di pasar display smartphone diperkirakan akan mencapai lebih dari 30% di tahun 2018. Hal ini dimungkinkan karena peningkatan adopsi layar jenis OLED oleh vendor smartphone, menggantikan layar jenis LCD dan TFT.

Tingkat penetrasi ini diprediksi bisa terus merangkak  naik lebih tinggi jika produsen  pemasok komponen layar OLED dapat mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan layar OLED, termasuk mempercepat waktu produksi dan  meningkatkan kapasitas mereka.

Pasokan panel OLED akan tetap terkendala pada paruh pertama tahun 2018 karena Samsung Display akan terus menjadi pemasok tunggal yang dapat memproduksi massal panel OLED.  Sementara saingannya termasuk LG Display, Japan Display (JDI) dan Sharp dikabarkan akan memulai produksi layar OLED paling awal pada paruh kedua 2018.

Perkembangan panel LCD TFT dengan saturasi warna tinggi, rasio kontras dinamis tinggi dan fitur lainnya akan memungkinkan panel LCD TFT untuk mencegah persaingan sengit dari produsen panel OLED. (Nariswari/Galing)

Sumber: Digitimes