pulsa-logo

Google Temukan Spyware yang Mengerikan di Play Store


dian iskandar

Kamis, 30 November 2017 • 20:03

malware,spyware,virus,anti virus,anti malware,anti virus gratis


Logo Google Play Protect, image source: Android.comLogo Google Play Protect, image source: Android.com

Ketka Android 8 Oreo diumumkan, Google juga meluncurkan program baru yang disbeut Play Protect – dimana fuungsinya untuk melakukan pengecekan berkala terhadap perangkat lunak yang ada di ponsel Anda juga aplikasi yang ada di Play Store, plus mencari malware jahat. Nah, baru-baru ini, Google menemukan sebuah aplikasi berbau spyware yang terdengar sangat menyeramkan.

Aplikasi tersebut tertangkap sebagai pembawa backdoor Tizi, perangkat lunak perusak yang telah ada sejak tahun 2015. Dengan memanfaatkan sistem operasi Android, Tizi mampu memperoleh akses root ke perangkat dan mengintip tentang gambar pengguna, log telepon, dan log obrolan untuk aplikasi populer, seperti Facebook, WhatsApp, Viber, dan bahkan layanan pesan terenkripsi Telegram! Selain itu, dia bisa mengirim pesan SMS dengan koordinat GPS perangkat, mengambil foto dengan kamera telepon dan bahkan merekam audio dengan mikrofonnya.

Terdengar cukup mengerikan. Kabar baiknya adalah bahwa usaha eksploitasi yang digunakan Tizi telah ditambal sejak lama, dengan patch keamanan Android per April 2016. Tapi, saat ini, masih ada jutaan ponsel Android yang lebih tua di luar sana yang tidak mendapatkan update.

Menurut data Google, aplikasi Tizi kebanyakan diunduh oleh pengguna di Kenya. Sebagian kecil pengguna AS juga mendapatkannya. Setelah menemukan spyware itu, Google akhirnya menghapus aplikasi yang terinfeksi dan menangguhkan akun pengembang. Selain itu Google juga mengirim pesan peringatan ke semua perangkat yang diduga terinfeksi. Google Play Protect juga telah diperbarui untuk mendeteksi malware Tizi secara lebih efektif.

Sumber: Google via Phonearena