pulsa-logo

Samsung Akan Rilis Smartphone Layar Lentur Perdananya di 2018?


Fauzi

Senin, 04 Desember 2017 • 09:38

Samsung Galaxy X


Foto: Via PhonearenaFoto: Via Phonearena

Bagi Anda yang masih ragu soal bakal hadirnya smartphone dengan layar fleksibel, sepertinya Anda keliru. Sebagai misal, Galaxy X, ini adalah perangkat nyata, dan kabarnya Samsung akan siap untuk memperkenalkan smartphone tersebut di tahun 2018.

Lahirnya Galaxy X nantinya adalah rovolusi besar di sisi desain layar smartphone, karena Samsung akan menghadirkan smartphone yang layarnya bisa dilipat pertama yang dijual di pasaran.

Samsung selama ini memang terkenal sebagai vendor yang cukup berani berevolusi secara desain dan inovasi produk. Jika Anda ingat, Samsung adalah salah satu perusahaan pertama yang meluncurkan smartphone dengan display berdesain lengkung, bersamaan dengan LG, namun Galaxy Round hanya tersedia di negara-negara tertentu saja.

Tapi nampaknya Samsung bukanlah satu-satunya perusahaan yang akan meluncurkan smartphone dengan layar yang bisa dilipat. Karena ternyata ada beberapa merek lain yang diam-diam menggarap perangkat semacam itu, termasuk Apple dan LG. Bahkan beberapa hari yang lalu Apple mengajukan paten ke USPTO terkait dengan desain layar yang bisa dilipat mirip seperti buku.

Ko Dong-jin (CEO Samsung Mobile) di bulan September lalu pernah mengatakan bahwa perusahaannya berencana meluncurkan smartphone dengan layar yang bisa dilipat pada tahun 2018. Pernyataan ini diperkuat oleh informasi yang diperoleh dari sumber di industri komponen layar yang mengatakan bahwa Samsung Display telah berhasil mengembangkan panel yang dapat dilipat dengan kelengkungan sebesar 1,0R, yang berarti dapat benar-benar terlipat ke dalam seperti kertas. Namun belum diketahui dengan pasti apa material dari layar fleksibel tersebut?

Sejauh ini, ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa Samsung akan menggunakan bahan plastik untuk pembuatan display fleksibel tersebut.

Lalu apa yang menjadikan Samsung bergegas untuk merilis Samsung Galaxy X di tahun 2018?


Alasan lain Samsung ingin meluncurkan Galaxy X di tahun depan adalah untuk mencegah LG membantu Apple merilis smartphone berlayar lipat lebih dulu.  Karena, setelah Apple baru-baru ini mengajukan hak paten untuk iPhone dengan layar fleksibel  di Amerika Serikat, Apple mempercayakan LG Display untuk menjadi perusahaan yang memasok panel fleksibel untuk perangkat tersebut.

Saat ini, LG Display berencana untuk memproduksi panel fleksibel pertama dengan kelengkungan 2.5R di tahun 2018, sementara panel lipat dengan kelengkungan 1.0R diperkirakan akan siap pada tahun 2019.

Sumber: PhoneArena