pulsa-logo

FaceID Hanya Mendukung Satu Wajah, Kenapa?


Galing

Senin, 04 Desember 2017 • 13:19

FaceID, iPhone X, iPhone, Apple


Foto: MacRumorsFoto: MacRumors

Selama ini pemindaian sidik jari sebagai salah satu cara autentikasi perangkat pintar, dapat menyimpan sekitar 5 sidik jari yang di mana masing-masing sidik jari tersebut bisa dimiliki oleh orang yang berbeda. Memang sih, sebagian orang akan berpikir ini dapat memudahkan jika perangkat tersebut digunakan oleh banyak orang alias multi-user.

Dengan perlahan meninggalkan TouchID, fokus  Apple saat ini memang lebih berkutat pada penggarapan fitur FaceID untuk autentikasi perangkat.  Sayangnya autentikasi perangkat dengan menggunakan FaceID hanya bisa digunakan oleh satu orang saja.

Kepala teknik perangkat lunak di Apple Craig Federighi mengkonfirmasi bahwa fokus Apple ke FaceID tersebut melalui sebuah email yang dikirimkan kepada media (4/12).  Dalam tulisan tersebut Craig menambahkan, bahwa FaceID akan terus disempurnakan, namun dukungan FaceID untuk banyak wajah yang melibatkan lebih dari satu pengguna alias multi-user mungkin tidak akan ditambahkan dalam waktu dekat.

Dalam email tersebut, Federighi mengakui bahwa dukungan TouchID untuk banyak jari pada iPhone meski awalnya dirancang untuk jari pemilik yang sama, namun faktanya pemindaian ini seringkali menambahkan sidik jari dari pengguna lainnya.

Federighi menambahkan bahwa FaceID  di masa depan bisa mengautentikasi banyak wajah seiring perkembangan sistem pemindaian wajah 3D, namun Craig menegaskan bahwa Apple sejauh ini belum memiliki rencana untuk menerapkan fungsi tersebut.

Sebelumnya Apple mengklaim bahwa kemungkinan FaceID untuk dibobol adalah 1:1.000.000, sementara TouchID kabarnya lebih rentan dikelabui dengan nilai perbandingan 1:50.000. Klaim seperti ini tentu saja dibantah oleh perusahaan keamanan siber Bkav yang bahkan telah mampu “mengelabui” FaceID  dengan menggunakan topeng cetak 3D. Kendati demikian langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat topeng ini memang terbilang rumit sehingga bukanlah merupakan hal yang perlu dicemaskan oleh mayoritas pengguna iPhone.

Dalam penggunaan praktis dan nyata, Face ID terbukti sangat aman dan dapat diandalkan. Namun dengan beredarnya konfirmasi dari Craig Federighi ini, merekam wajah anggota keluarga lainnya pada iPhone X untuk keperluan FaceID setidaknya dalam waktu dekat ini masih belum memungkinkan untuk dilakukan. (Nariswari/Galing)


Sumber: MacRumors