pulsa-logo

Genap Berusia 25 Tahun, Ini Dia Sejarah Kelahiran SMS


Galing

Senin, 04 Desember 2017 • 14:29

SMS


Foto: Tabloid PULSAFoto: Tabloid PULSA

 

Tepat di hari Minggu kemarin (3/12), layanan Short Message Service (SMS) genap berusia 25 tahun! Mungkin Anda tidak menyadari, bahwa layanan pesan singkat di smartphone ini sudah sebegitu lamanya hadir di ponsel. SMS yang merupakan sebuah layanan yang hadir di  ponsel untuk mengirim atau menerima pesan-pesan pendek pertama diciptakan pada tanggal 3 Desember 1992, tapi baru hadir beberapa tahun kemudian di ponsel.

Pesan teks pertama dikirim pada tanggal 3 Desember 1992 oleh insinyur Inggris bernama Neil Papworth kepada Richard Jarvis, seorang eksekutif di perusahaan  telekomunikasi Inggris, Vodafone, yang menghadiri pesta liburan perusahaannya di Newbury, Inggris. Pesan singkat SMS itu pertama kali diketik masih pada perangkat PC yang dikirim ke ponsel  Jarvis bermerek Orbitel 901. Saat itu  Jarvis tidak mengirim pesan balasan karena saat itu belum ada cara untuk mengirim teks balasan.

Meski inovasi itu disebut sebagai upaya mengirimkan pesan teks yang pertama, namun Neil Papworth  bahkan tidak mendapatkan gelas sebagai sebagai “Bapak SMS” atau “Penemu SMS”. Gelar kehormatan ini justru disandang oleh Matti Makkonen yang mula-mula mengemukakan gagasan ini pada tahun 1984 dalam sebuah konferensi telekomunikasi internasional.

Makkonen merasa teknologi SMS sebenarnya mula-mula diluncurkan pada tahun 1994 ketika Nokia pertama kali meluncurkan ponsel perdananya bernama Nokia 2010. Ini adalah perangkat pertama yang memudahkan penggunanya untuk menulis pesan singkat. Sehingga sejak saat itulah, SMS mulai banyak digunakan di ponsel.

Aktivitas  mengetik SMS telah menjadi sangat populer sehingga kebanyakan orang di dunia lebih suka mengetik daripada menelepon. Ini terbukti dari hasil sebuah survey International Smartphone Mobility Report yang menyebutkan bahwa  pengguna smartphone di Amerika Serikat mengirim dan menerima pesan teks lima kali lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah panggilan telepon setiap harinya.

Menurut riset yang dipublikasikan oleh Pew Research, saat ini sekitar 97% pemilik smartphone menggunakan pesan teks jika dibandingkan dengan melakukan panggilan telepon. Menurut peneliti TextRequest,  lebih dari 561 miliar pesan teks dikirim ke seluruh dunia pada bulan Juni 2014, dan sekitar 18,7 miliar teks dikirim setiap harinya. Tentu saja pesan teks saat ini telah memanfaatkan teknologi yang sama sekali jauh berbeda dibanding layanan SMS pada jaringan GSM yang meluncur sejak pertama kali kelahirannya dahulu. (Nariswari/Galing)


Sumber: CNET