pulsa-logo

Wow! Apple Bikin Aplikasi untuk Deteksi Gangguan Jantung Sejak Dini


Galing

Selasa, 05 Desember 2017 • 20:21

Deteksi Gangguan Jantung, Deteksi Penyakit Jantung, Deteksi Dini Penyakit Jantung, Apple Watch Series 1, Apple Heart Study


Foto: AppleFoto: Apple

Apple pada hari Jumat (1/12) meluncurkan aplikasi baru yang menggunakan data dari Apple Watch untuk mendeteksi dan memberi tahu pengguna saat mereka mengalami irama jantung tidak teratur, seperti atrial fibrillation (AFib). Apple menganggap aplikasi  ini sangat penting, karena irama jantung yang tidak teratur ini adalah  salah satu penyebab utama stroke.

Aplikasi yang dinamakan Apple Heart Study menggunakan sensor detak jantung Apple Watch untuk mengumpulkan data irama jantung tidak teratur pengguna dan memberi tahu pengguna soal kemungkinan terkena atrial fibrillation (AFib) dengan maksud sebagai tindakan pencegahan alias preventif.

Apple mengatakan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan Stanford University untuk memperbaiki teknologi yang digunakan untuk mendeteksi dan menganalisis ritme jantung pengguna yang tidak teratur.

Seperti disampaikan oleh Chief Operating Officer Apple, Jeff Williams, aplikasi ini digarap dengan menggandeng banyak komunitas medis. Lewat Apple Heart Study,  aplikasi ini diharapkan dapat mendorong kemajuan penemuan di bidang sains jantung.

Aplikasi ini menggunakan sensor Apple Watch yang memancarkan sinar dari lampu LED hijau yang berkedip ratusan kali per detik serta fotodioda peka cahaya untuk mendeteksi jumlah darah yang mengalir melalui pergelangan tangan pengguna saat menggunakan Apple Watch.  Kemudian desain optik sensor mengumpulkan sinyal dari empat titik yang berbeda pada pergelangan tangan. Paduan antara hal tersebut bersama dengan algoritma perangkat lunak yang kuat kemudian akan dapat menghasilkan hitungan ritme jantung yang akurat serta terbebas dari noise yang mungkin terjadi.

Sebagai bagian dari penelitian ini, jika irama jantung tidak teratur kemudian berhasil diidentifikasi, para pengguna akan langsung menerima pemberitahuan di perangkat Apple Watch dan iPhone mereka yang akan ditindaklanjuti pula dengan layanan konsultasi gratis dokter dan patch elektrokardiogram (EKG).

Apple Heart Study kini telah tersedia di App Store wilayah Amerika Serikat untuk pelanggan berusia 22 tahun atau lebih yang memiliki Apple Watch Series 1 atau versi  yang lebih baru. (Nariswari/Galing)


Sumber: 1, 2