pulsa-logo

10 Istilah Teknologi Informasi yang Wajib Anda Ketahui


Galing

Selasa, 05 Desember 2017 • 20:43

istilah, daftar istilah teknologi, daftar istilah teknologi informasi, padanan istilah indonesia, teknologi informasi


Foto: PULSAFoto: PULSA

Banyak sekali istilah teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari yang berasal dari bahasa Inggris. Meski sudah terlanjur akrab, namun tidak banyak dari kita yang ternyata mengerti maksud dari istilah tersebut. Istilah ini juga kerap sekali muncul dalam situs-situs yang membahas dunia teknologi tidak terkecuali PULSA Online di dalamnya. Beberapa istilah terkadang sudah dijelaskan pula maknanya pada awal paragraf berita, namun tidak jarang pula diantaranya yang belum dijabarkan definisinya. Biar tidak gaptek, sepuluh istilah teknologi informasi ini ada baiknya untuk Anda ketahui terlebih dulu artinya:

1.    Cyberspace

Istilah ini merujuk pada dunia khayal yang ada di internet. Kerap sekali diterjemahkan sebagai dunia maya, istilah ini sebenarnya memiliki padanan baku yakni ruang siber.

2.    Hotspot

Istilah ini biasa dipakai untuk menunjukkan lokasi tertentu yang menyediakan jaringan internet tanpa kabel atau lazim dikenali sebagai Wi-Fi. Meski telah mendapatkan padanan baku sebagai area bersinyal, namun pemilihan kata ini sejatinya kurang tepat. Terlebih lagi bila dalam bahasa inggris kerap sekali dijumpai frasa hotspot area yang juga kerap sekali digunakan untuk menandai kawasan yang memiliki sinyal Wi-Fi di dalamnya. Alangkah baiknya sekiranya padanan untuk definisi terkait diganti menjadi siberloka yang secara bahasa bermakna sebagai sebuah tempat dengan sambungan internet di dalamnya.

NB: Hotspot sendiri sebetulnya merupakan istilah dengan banyak sekali definisi yang terikat dengan berbagai disiplin ilmu. Ia dapat berarti titik api, daerah rawan konflik, bintik terang foto, titik panas tubuh, kawasan dengan sinyal Wi-Fi hingga kawasan dengan sinyal operator seluler.

3.    Aspect Ratio


Aspect ratio adalah istilah yang seringkali ditemui saat membahas ponsel dengan desain layar kekinian 18:9. Kosakata ini sebenarnya merujuk pada angka perbandingan antara panjang dengan lebar piksel sebuah gambar. Nisbah aspek, demikian KBBI menyebutnya, sebesar 18:9 secara matematis sama dengan 2:1. Ini artinya jika sebuah layar memiliki resolusi 1440x720 piksel, maka sejatinya ia memiliki perbandingan panjang dan lebar piksel layar 2:1 atau lebih populer disebut 18:9.

4.    Screen-to-body-ratio

Kosakata ini juga kerap sekali dipakai untuk menggambarkan ponsel dengan desain nyaris tanpa bezel yang saat ini tengah naik daun. Berbeda dengan nisbah aspek yang mengaitkan panjang dan lebar piksel, maka screen to body ratio menunjukkan persentase antara bentang layar yang tertanam pada sebuah perangkat dengan luas permukaan secara keseluruhan. Dengan kata lain nisbah layar terhadap permukaan (terjemahan bebas dari screen to body ratio) menjadi penanda seberapa besar luas layar menempati area depan dari sebuah perangkat. Contohnya pada phablet Samsung Galaxy Note8, angka nisbah layar terhadap permukaan pada kisaran 83,2% mengisyaratkan bahwa lebih dari 80% area depan sang perangkat diselimuti oleh layar sentuh garapan sang vendor.