pulsa-logo

Tangkal Serangan Siber, Perusahaan Minyak Ini Gunakan Produk BlackBerry


Fauzi

Rabu, 06 Desember 2017 • 10:20

BlackBerry Unified Endpoint Manager


Ilustrasi: Logo BlackBerryIlustrasi: Logo BlackBerry

Untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memungkinkan manajemen, staf, dan kliennya untuk berbagi informasi dengan aman, tidak terbatasi oleh waktu dan lokasi, sebuah perusahaan minyak dan gas nasional, Saka Energi akan menggunakan solusi BlackBerry Unified Endpoint Manager (UEM).

Penggunaan BlackBerry UEM oleh Saka Energi merupakan hasil dari sebuah kolaborasi baru BlackBerry dengan PT PGAS Telekomunikasi Nusantara (PGASCOM), anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN).

Saka Energi mencari solusi untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dalam lingkungan seluler yang terpercaya, yang dapat menjaga keamanan dari segala jenis ancaman, terutama serangan siber. BlackBerry UEM memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kemudahan bekerja dimana saja, menjaga keamanan, dan mengurangi beban operasionalnya.

Tumbur Parlindungan, CEO Saka Energi, mengatakan sebagai bagian dari strategi transformasi digitalkami, kami perlu memobilisasi tenaga kerja kami dan mendorong kepuasan serta efisiensi dalam bisnis kami, dengan kepastian bahwa kami melindungi semua informasi bisnis yang sensitif dan menjaga keselamatan semua staf.

“Kami memilih BlackBerry UEM dan PGASCOM karena bersama-sama, mereka dapat memberikan kerahasiaan  informasi di setiap tingkat, dengan dukungan dan keahlian terintegrasi yang betul-betul memahami kompleksitas bisnis kami secara keseluruhan," lanjut Tumbur.

Sementara itu, Alex Manea, Chief Security Officer BlackBerry, yang juga menjadi salah satu nara sumber pada acara Cyber Security Indonesia di Jakarta minggu ini, mengatakan bahwa sektor energi adalah salah satu industri terbesar di Indonesia dan, karena itu, merupakan salah satu target utama kejahatan siber.

“Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan PGASCOM, menggabungkan solusi aman yang kami tawarkan dengan keahlian mereka untuk membantu Saka Energi dan perusahaan lain dalam mewujudkan rencana transformasi digital mereka. Kerjasama ini merupakan pencapaian lanjutan yang menunjukkan komitmen kami untuk membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia mendapatkan 'BlackBerry Secure', memberikan solusi global dan pengetahuan lokal untuk melindungi dari serangan siber dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman,mendorong efisiensi, produktivitas dan inovasi," tandasnya.


PGASCOM, pemimpin dalam penyedia  layanan jaringan telekomunikasi, termasuk serat optik, akses internet, solusi bisnis dan layanan yang dikelola untuk industri minyak dan gas Indonesia, baru-baru ini bergabung dengan BlackBerry sebagai mitra dalam global Enterprise Partner Program. Program Kemitraan BlackBerry dirancang untuk membantu mitra agar dapat melintasi lingkungan bisnis yang mobile, yang selalu berubah melalui solusi bisnis mobile yang aman untuk karyawan, proses, dan data mereka. Hal ini akan membantu mitra mendapatkan kompetensi dan kemampuan baru yang memungkinkan mereka dalam memenuhi dan melampaui permintaan pasar, dengan memastikan perusahaan mitra dilengkapi dengan baik untuk merancang, membuat, menerapkan, dan mendukung solusi BlackBerry dengan sukses.

Sri Budi Mayaningsih – Presiden Direktur PGASCOM mengatakan bahwa pihanya menyediakan tulang punggung teknologi informasi dan teknologi untuk banyak industri di Asia dan di seluruh dunia, sehingga kami memahami kekhawatiran yang dimiliki oleh para CIO, yang berkaitan dengan keamanan data dan keselamatan orang.

“Secara khusus, serangan terhadap keamanan siber  di industri minyak dan gas bumi adalah tantangan yang besar dan berkelanjutan, seiring perkembangan teknologi yang terus menerus dan industri ini dinilai sebagai target bernilai tinggi oleh penjahat dunia maya. Sebagai perusahaan terpercaya di Indonesia dan pemimpin dalam perangkat lunak keamanan yang memberikan lingkungan kerja yang aman bagi orang dan  dan masyarakat, kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan BlackBerry untuk membantu pelanggan kami seperti Saka Energi melindungi infrastruktur penting bagi perusahaan mereka," tambah Sri Budi.

BlackBerry UEM menghadirkan manajemen endpoint dan kendali kebijakan terpadu untuk beragam tenaga kerja mobile yang berkembang. Sebagai bagian dari BlackBerry Enterprise Mobility Suite, BlackBerry UEM memungkinkan Anda untuk mengelola perangkat dengan aman di platform-platform utama (Android for Work, Samsung KNOX, iOS, Windows 10, OS X dan BlackBerry 10). Solusi ini juga mendukung kendali Pengelolaan Perangkat Seluler (MDM) bawaan untuk mengelola kebijakan perangkat dan kemampuan Pengelolaan Aplikasi Seluler (MAM) untuk menerapkan aplikasi bisnis yang disetujui.

Sumber: PR