pulsa-logo

Google Assistant Nongol di Feature Phone, Kok Bisa?


Galing

Rabu, 06 Desember 2017 • 16:55

Google Assistant, Google Assistant di Feature Phone, Google, Android Go, Asisten Virtual Google di Feature Phone


Foto: AndroidAuthorityFoto: AndroidAuthority

Pada sebuah acara yang diadakan di New Delhi, Google secara mengejutkan memamerkan sebuah feature phone garapan operator India bernama Reliance Jio yang mampu menjalankan Google Assistant. Dalam kesempatan yang sama, Google juga ikut mengenalkan projek Android Go yang merupakan varian platform ‘robot ijo’ murah yang akan berjalan di ponsel pintar kelas bawah dengan RAM minimal sebesar 512MB.

Kembali pada ponsel fitur dimaksud, JioPhone yang merupakan smartphone 4G garapan sang operator sendiri merupakan perangkat dengan layar 2,4 inci QVGA warna. Dengan keterbatasan kemampuan hardware yang dibenamkannya, ponsel ini menjalankan KaiOS yang dikembangkan dari sistem operasi custom yang berbasis pada Firefox OS. Diluncurkan pada awal tahun 2017, perangkat ini juga memiliki layanan asisten suaranya sendiri bernama HelloJio.

Walaupun pertumbuhan ponsel pintar di wilayah India mengalami perkembangan yang begitu pesat, namun lebih dari 500 juta penduduk di negara tersebut masih menggunakan ponsel fitur sebagai alat komunikasi utamanya. Sementara 280 juta orang yang berada di luar India juga menggunakan ponsel fitur serupa. Dominasi angka pengguna yang begitu tinggi inilah yang mungkin mendasari keputusan Google untuk meluncurkan Android Go dan JioPhone dengan fitur Google Assistant di negara yang berada di kawasan Asia Selatan tersebut.

Sayangnya hingga berita ini ditulis, masih belum ada kepastian apakah raksasa mesin pencarian ini akan membuat Google Asistant tersedia pula pada ponsel fitur yang akan diedarkan ke seluruh dunia. (Galing)

Sumber: 1, 2