pulsa-logo

Kecele, Orang Ini Beli iPhone X 'Isi' Android


Fauzi

Kamis, 07 Desember 2017 • 10:09

iPhone X


iPhone X, Foto: Apple.comiPhone X, Foto: Apple.com

Ekspektasi apa yang Anda inginkan saat pertama kali membuka kardus kemasan iPhone idaman Anda? Pastinya iPhone canggih yang siap menemani aktivitas Anda sehari-hari dengan beragam kustomisasi dan ekosistem berbasis iOS, bukan? Namun sepertinya Anda wajib berhati-hati saat membeli iPhone  dari toko online, karena kini mulai marak penjualan smartphone kloningan (tiruan) iPhone X namun menjalankan sistem operasi Android dan menggunakan prosesor yang berbeda.

Nasib inilah yang menimpa Jesse Arnold yang berdomisili di Arizona, Amerika Serikat. Jesse membeli iPhone X dari toko online bernama OfferUp. Dia sangat tertarik untuk membeli iPhone X di toko online tersebut dengan harga yang miring yakni hanya 880 USD saja. Alih-alih tak ingin repot mengantri dan repot mengunjungi toko fisik Apple Store, Jesse akhirnya memutuskan untuk membeli iPhone X dari OfferUp tersebut. Tak lupa, Jesse juga mengecek semua review dan kometar di bagian ulasan pembeli positif semua, dan cukup menyakinkan dirinya untuk membeli.

Namun apa lacur, iPhone X yang dibelinya tersebut ternyata tak lebih dari smartphone kloningan dari iPhone X. Alias tiruan saja. Jesse benar-benar tidak menyangka bahwa iPhone X yang dibelinya adalah tiruan. Karena box dan dus kemasannya sangat rapi dan mencantumkan logo dan merek Apple.

Jesse benar-benar terkejut saat ingin mengaktifkan iPhone X di Cricket, ia lalu menemukan replika iPhone X yang hampir sempurna, termasuk wallpaper dan bentuk khas icon iOS.  Namun dengan menggunakan prosesor yang berbeda dan menjalankan OS Android di dalamnya.

Jelas, Jesse sangat marah dan kecewa. Ia kembali membuka bagian iklan iPhone X di OfferUp – dan  lebih dari 27 ulasan postif di kolom tersebut telah raib, dan tidak ada satu nomorpun yang dapat dihubungi setelahnya.

Para pembeli seperti Jesse berpikir bahwa harga yang tercantum di toko online meski dengan “banting harga” atau diskon, namun harganya masih cukup dekat untuk meyakinkan konsumen bahwa itu adalah iPhone X asli.

Jesse menyarankan, bahwa semua orang yang ingin membeli iPhone X akan lebih baik membelinya di toko online Apple resmi dan toko fisik Apple Store. Jika pada kemudian Anda membeli iPhone X dari teman atau bukan dari toko Apple resmi, pastikan terlebih dahulu mengecek nomor seri IMEI dan semua yang ada di dalam kotak. Konfirmasikan nomor IMEI dengan Apple sebelum membeli, dan jangan dulu merobek segelnya (karena Anda akan dipaksa untuk membeli). Setelah  mendapat persetujuan/ konfirmasi  dari Apple mengenai nomor IMEI, barulah Anda yakin untuk melakukan pembelian tersebut.


Sumber: Phonearena